Kunjungan Kasih LM ke Panti Jompo Karya Kasih

Hari Minggu, 17 Desember 2006

Moms yang hadir: 

  • gerda, bella, noldy, ami (nanny-nya bella), mama betty & papa robby (mertuaku)
  • dera, keishia, iwan, ipar dera dan anak2nya, elang, mamanya dera, dll plus rombongan entertainer (pemusik, singer).
  • tania, vida, cello, nanny
  • fetty, uka, nadine, azka, nanny dan suster
  • nia, kayla, ayah
  • dewi, icha, ayah, suster
  • farah, nasywa, ayah, suster
  • nina, zahra, ayah, suster
  • nizma, adam, suster
  • iin, nicho, papi
  • yannie, mattew, jayson, daddy, 2 BS
  • satyo, maia, ayah

Semuanya kompakan pake kaus Loving Moms

Acara dimulai tepat jam 15.40. Ada 8 oma yang stay di kamar karena nggak enak badan, kecapean dan harus istirahat.

Acara dimulai dengan pembukaan singkat oleh MC (Dera mom Keishia), yang intinya Loving Moms datang ingin berbagi kasih dalam suasana menjelang natal dan hari ibu. doa pembukaan acara oleh Ibu Daud, ketua Yayasan Karya Kasih.

Sambutan dari Gerda, mewakili LM: intinya disampaikan bahwa kita adalah kumpulan moms yang ingin berbagi kasih dengan para oma dipanti. Kita  datang mau menyapa oma dalam suasana menjelang natal dan hari ibu, kita datang membawa makanan, sumbangan, dll. Yang semuanya diperoleh dari hasil sumbangan para member LM. Tujuan kita hanya satu: membagi kebahagiaan dengan para oma di panti.

Persembahan paduan suara para oma membawakan lagu rohani, yang rupanya sudah mereka latih berbulan-bulan dan diperdengarkan pada saat natal panti sehari sebelumnya. Kita dikasih tahu kejutan ini hanya beberapa detik sebelum acara mulai.

Selanjutnya penyanyi membawakan lagu SEMUA KARENA CINTA.  Aku usul agar lagu ini jadi lagu wajib buat lovingmoms tiap acara sosial kedepannya yah?? karena liriknya sesuai banget dengan misi kita: semua karena cinta kita kepada orang disekitar kita.  

Acara dilanjutkan dengan penyerahan souvenir dari lovingmoms kepada panti. Tania, Dera dan Nizma menyerahkan bahan seragam + ongkos jahit untuk semua oma kepada ibu Daud mewakili para oma.

Lanjut dengan penyerahan quilt buatan tangan Linda jauh dari Duri. Dera membacakan kata-kata yang tercetak pada quilt. Isinya sungguh menyentuh dan tepat banget mewakili persahabatan para moms di lovingmoms dan para oma di panti. Kata-kata itu dibacakan lagi oleh ibu Daud dan diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia kepada para oma.

Lanjut dengan penyerahan kaset rohani dan natal kepada panti diwakili oleh ibu Daud.

Sambutan dari ibu Daud mewakili oma setelah menerima souvenir tersebut:

” Puji syukur kepada tuhan YME untuk berkat yang tidak terhingga, bukan suatu kebetulan para moms dari Loving Moms terketuk hatinya mendatangi panti jompo karya kasih. Seragam + ongkos jahit yang sudah diterima sangat dihargai, karena dengan begitu semua oma akan dapat seragam baru pada waktu paskah tahun depan. Quilt akan dipajang di ruangan itu (aula) karena pesannya sangat mewakili persahabatan para oma disana. Kaset rohani dan natal benar-benar sangat berguna karena mereka selalu memutar lagu-lagu pada pagi hari dan malam menjelang tidur, dengan begitu oma-oma memulai hari dengan damai, dan bisa tidur nyenyak di malam hari.”

Ibu Daud mewakili semua oma menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarya kepada semua member lovingmoms. Untuk sumbangan, seragam, goodybags, berbagai souvenir, dan terlebih karena perhatian, kehadiran dan persembahan acara dan hiburan bagi mereka di panti. Dalam doanya, ibu daud memohon agar tuhan memberkati Loving Moms, para moms dan anak-anak, keluarga moms. Supaya organisasi (Loving Moms) ini bertumbuh semakin besar, semakin banyak berkarya dalam sosial, mengunjungi lebih banyak orang yang membutuhkan. amin amin amin.

Dera mengundang semua moms dan anaknya ke depan. kita diperkenalkan satu persatu kepada oma. Kita mempersembahkan lagu kepada oma. Judulnya: “Mother how are you today?” Aku  masih merinding mengingat suasana lagu ini kita nyanyikan bersama. Para oma dan moms sangat terharu dan dengan mata berkaca-kaca, bahkan beberapa diantaranya meneteskan airmata.

Selesai lagu, semua moms dan kids membagikan goodybags buat oma yang dapat satu orang satu. Isinya macam-macam. Daster, sendal manik-manik, dompet, handuk, saputangan handuk, aneka snack + susu anlene cair, peralatan mandi, dan ada sumbangan tak terduga dari om dan ipar-nya dera: susu anlene bubuk kotak 20 kotak menambah 15 kotak sumbangan yang sudah ada. Dengan begitu tiap oma dapat satu orang satu.

Penyanyi menyanyikan lagu2 natal, pop, dll.

Penyerahan souvenir kepada para pengurus panti (karyawan panti) yang mengurus oma seharian diwakili oleh Ibu Sri.

Penyanyi menghibur oma dengan berbagai lagu: mulai dari poco-poco, lagu batak, lagu natal, oldies, dangdutan, dll.

Tak diduga, para oma langsung memminta lagu dangdut dan dera minta penyanyi kasih lagu jablai Para oma joget dengan semangatnya di depan tanpa harus diundang. Sehabislagu dangdut, masuk ke poco-poco. dll.

Opung Tobing yang mau nyayiin lagu batak. Ada berbagai lagu batak yang dia nyanyiin dengan singer. meskipun nada dan ritmenya udah nggak sinkron, tapi si opung enjoy dan pede aja nyanyinya.

Ada juga oma yang menyanyikan lagu natal dengan suara merdu.

Ada oma yang tidak berhenti joget dari awal ampe akhir. Bisa menari poco-poco dan cha cha cha dengan ritmenya sendiri.

Sementara itu, moms dan kids membagikan roti dan fruit punch buat oma yang duduk menikmati hiburan.

Acara diakhiri dengan satu lagu penutup: BUNDA.  Lagu ini sungguh menyentuh saat para moms dan kids mulai menyalami oma untuk berpamitan.

Ini cuplikan omongan dari oma di panti yang kualami:

Didepan panti,  aku turun di belakang avanza yang membawa opung tobing. Rupanya opung tobing diantar kembali ke panti oleh ponakannya. Dia bilang: “kapan kalian jemput aku??” ponakannya jawab: “nanti tanggal 27 des inanguda (tante).” si opung pun berjalan lunglai ke dalam panti, aku menebak hatinya gundah membayangkan natal tanpa keluarga di panti, karena ternyata dia nggak punya anak kecuali si ponakan tadi.

Oma yang ambon bilang begini ke Bella: ” ini pasti nyong ambon: rambutnya keriwil kayak anakku dan cucuku. jadi rindu sama mereka.”

Oma yang paling tua (91 tahun) memegang Bella sambil nanya: “ini laki atau perempuan?”  aku jawab ini perempuan oma, rupanya si oma sudah nggak jelas melihat

Oma yang tangannya cacat bilang: ” anakmu cantik sekali, kalo gedenya pasti secantik kamu!! anakkku dan cucuku juga sama cantiknya.”

Hampir semua oma mencium Aku, Dera, Tania sambil berkata:  “Terimakasih karena sudah datang dan memperhatikan kami disini.”

Ibu Daud berkata: “saya percaya kalian datang bukan karena kebetulan, tapi karena Tuhan bekerja dengan kasihnya…, kalian telah mengamalkan ajaran agama manapun yang intinya memberikan perhatian dan sumbangan kepada para janda, yatim piatu yang membutuhkan.” Beliau juga percaya ada sukacita dan berkat luar biasa yang kita bawakan kepada oma disana. Karena itu mereka berencana mendoakan Lovingmoms dan keluarga dalam sesi doa sore hari secara khusus.”

Sebagai info, pada malam sebelum kita bikin acara alias sabtu malam -sehabis mereka natalan di panti, para oma makan di kamar masing-masing. Tengah malam ada berita mengejutkan. Salah satu penghuni panti tertua (93 tanun) meninggal dunia dalam tidurnya. Oma ini sudah 27 tahun menghuni panti. Dia mempunyai anak satu orang perempuan yang tinggal di kanada. Tapi selama dia menghuni panti, tidak pernah sekalipun dikunjungi anaknya. Yang ngambil jenazahnya ponakannya di Jakarta.

Masih banyak cerita sedih dari ibu ketua yayasan. tapi disini tidak bermaksud menambah sedih hati LM. Aku hanya mau sampaikan bahwa apa yang sudah kita perbuat dan sumbangkan kepada oma-oma di sana sangat sangat sangat berarti bagi mereka. Karena mereka sangat membutuhkan perhatian, kasih sayang, kehadiran orang-orang disekitar mereka untuk menggantikan kasih sayang yang seharusnya mereka patut nikmati di masa tuanya, setelah bersusah payah melahirkan dan membesarkan anaknya di masa muda.

Satu pesan dari Ibu Daud. Ibu ini adalah ketua yayasan yang membawahi panti jompo karya kasih, panti asuhan dan panti cacat mental yang bernaung di bawah yayasan GKI (gereja kristen indonesia).

“habiskan masa mudamu dengan bekerja mencapai cita-citamu, isi waktumu dengan membagi kasih sebesar-besarnya kepada keluargamu dan orang-orang yang kau kasihi, dan paling penting jangan jemu-jemu berbuat baik kepada sesamamu. karena pada saatnya kelak, ketika engkau sudah tua, tidak ada lagi turning back untuk memperbaiki segalanya. termasuk ketika tidak ada seorangpun yang bersedia menemanimu di masa tuamu.”

Sebagai penutup:

Sekali lagi kami sampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua moms untuk segala bentuk sumbangan baik itu materi, barang, ucapan supportif, doa, ide, pikiran, tenaga dan waktunya yang sangat berharga. Semoga kebaikan moms semua dibalaskan berlipat ganda oleh Tuhan YME. Amin.

Untuk panitia yang sudah bekerja keras meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya, aku sampaikan penghargaan dan terimakasih yang setinggi-tingginya. Tidak ada kata-kata yang bisa melukiskan betapa bahagianya dan bangganya aku bekerja sama dan berteman dengan kalian. Biarlah Tuhan yang bisa membalaskan budi baik moms semua. Semoga berkat melimpah memenuhi kehidupan moms dan keluarga, Amin.

Posted by Gerda mom Belle

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s