Laporan LM Peduli Rumah Kita (Ultah ketiga LM)

Latar belakang
Sabtu sore 20 September 2008 pukul 16.00 WIB, empat belas anak-anak penderita kanker bersama ibunya dari Rumah Kita tiba di Corner Restoran, Jalan Salemba Raya no. 21. Anak-anak ini merupakan perwakilan dari 38 anak penderita kanker yang rutin singgah di Rumah Kita yang tidak semuanya bisa hadir sore itu. Mereka didampingi oleh Ibu Ira Soelistyo (Sekretaris Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia -YKAKI), Ibu Hj. Aniza M. Santosa (Bendahara YKAKI), Ibu Inggrid Lolita (Koordinator Rumah Kita) dan Mbak Neni Fitriani (Pengawas Rumah Kita).

Rumah Kita merupakan rumah singgah bagi anak-anak penderita kanker dan keluarganya yang tidak mampu dan sedang menjalani pengobatan di RSCM. Rumah singgah ini berlokasi di Jalan Percetakan Negara XI Gang 2 no. 27. Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Rumah Kita merupakan salah satu program YKAKI untuk pengadaan sarana akomodasi yang berada dekat dengan rumah sakit (RSCM) sehingga memungkinkan anak-anak penderita kanker sebagai pasien, orangtua dan kerabatnya menginap selama proses perawatan untuk mempermudah dan meringankan beban mereka selama proses pengobatan.

Kehadiran anak-anak dari Rumah Kita ini langsung menyemarakkan suasana di Corner Restoran yang telah dihias dengan berbagai pernak pernik Ulang Tahun Loving Moms (LM) yang ketiga. Loving Moms merupakan sebuah Mailing List – Milis Parenting bagi ibu-ibu muda di yahoogroups yang beranggotakan 120 member yang sore itu merayakannya dengan mengadakan acara amal “LM Peduli Rumah Kita”. Setiap tahun LM mengadakan sedikitnya dua kali kegiatan amal sesuai komitmennya untuk berbagi kasih dengan orang yang membutuhkan tanpa memandang perbedaan agama, suku dan golongan. LM selalu membentuk kepanitiaan ad hoc pada kegiatan amal baik pada saat ulang tahun milis dengan acara LM Peduli, maupun pada saat Kunjungan Kasih Natal. Panitia berasal dari anggota LM yang semuanya bekerja sukarela dan secara bergantian mengajukan diri menjadi Panitia. Donasi yang berhasil dikumpulkan dalam setiap penggalangan dana bukan hanya berasal dari anggota milis LM, namun juga dari para Sahabat LM yang menaruh perhatian dan mempercayakan dukungan dananya melalui Loving Moms.

Dalam kurun waktu 1 bulan lebih (11 Agustus – 20 September 2008), penggalangan dana yang dilakukan di milis maupun lewat penyebaran proposal ke Sahabat LM; berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp. 24,693,500,- (dua puluh empat juta enam ratus sembilan puluh ribu lima ratus rupiah). Oleh panitia dana ini telah dibelanjakan berbagai barang keperluan Rumah Kita sesuai dengan hasil survey LM ke Rumah Kita. Selain itu, diperoleh pula berbagai jenis barang sumbangan non cash yang dititipkan oleh donatur-donatur yang baik hati.

Acara Ultah ketiga Loving Moms bersama anak-anak Rumah Kita

Desir pasir di padang tandus
segersang pemikiran hati
terkisahku di antara cinta yang rumit

Bila keyakinanku datang
kasih bukan sekedar cinta
pengorbanan cinta yang agung
kupertaruhkan

Reff:
Maafkan bila ku tak sempurna
cinta ini tak mungkin kucegah
Ayat-ayat cinta bercerita
cintaku padamu

Bila bahagia mulai menyentuh
seakan kubisa hidup lebih lama
Namun harus kutinggalkan cinta
ketika kubersujud

Lirik lagu Ayat-ayat Cinta ini terasa sangat menggetarkan kalbu, membuat rasa haru menyeruak masuk jauh memenuhi relung hati setiap orang yang mendengarkannya di Corner Restoran, Sabtu 20 September 2008 lalu. Bukan karena Rossa sang pemilik lagu hadir dan menyanyikannya, namun karena lagu ini dilantunkan dengan sangat polos namun bermakna amat dalam oleh Yulia, pemilik suara bening berwajah cantik yang baru berumur 8 tahun. Yulia menderita kanker ovarium dan telah menjalani operasi pengangkatan tumor berikut rahimnya. Lirik demi lirik yang dinyanyikannya sungguh menggambarkan pergulatan batin ibundanya, karena Yulia belum memahami benar apa yang telah dialaminya dan apa yang akan dihadapinya kelak. “Maafkan bila ku tak sempurna, cinta ini tak mungkin kucegah……Seakan kubisa hidup lebih lama” Yulia memang sudah tidak sempurna sebagai perempuan karena rahimnya telah diangkat. Namun dia masih berhak punya cinta, kebahagiaan dan harapan akan masa depan yang indah.

Penampilan Yulia bukan satu-satunya acara sore itu yang membuat LMers, para anggota Loving Moms maupun ibu-ibu dari anak-anak Rumah Kita terhanyut dalam suasana haru yang teramat sangat. Keharuan, kebahagiaan, keceriaan bercampur aduk sore itu, mengalir deras tanpa henti sepanjang acara Ulang Tahun ketiga Loving Moms bersama dengan anak-anak penderita Kanker dari Rumah Kita. Sore itu, cinta bertahta dan mengambil tempat, cinta berkuasa melewati semua batas perbedaaan yang ada.

Pukul 16.15 WIB Dera mom Keishia dan Deo membuka acara sebagai MC yang selama ini selalu bisa diandalkan dalam berbagai acara amal LM. Mom Dera membacakan susunan acara setelah sebelumnya menyapa anak-anak Rumah Kita yang langsung menjawab dengan semangat dan ceria.

Gerda mom Christabelle dipersilahkan memberikan sambutan sebagai moderator milis LM bersama dengan Nia bunda Kayla. Dalam sambutannya, Mom Gerda memperkenalkan Loving Moms yang merupakan komunitas ibu-ibu penuh cinta yang bertemu di dunia maya, berdiskusi tentang pendidikan, kesehatan dan pola pengasuhan anak sebagai sesama ibu muda. Seiring perjalanan waktu persahabatan di milis semakin erat dan menumbuhkan kesadaran bersama untuk berbagi kasih dengan sesama yang membutuhkan. Setiap tahun LM mengadakan kegiatan amal yang dinamai LM Peduli untuk merayakan ulang tahun milis. Anggota LM tersebar di berbagai tempat termasuk di luar Indonesia. Sore ini LM ingin berbagi kasih dengan adik-adik Rumah Kita sebagai bentuk dukungan nyata dan pernyataan cinta kasih kepada mereka. Kegiatan amal seperti ini merupakan komitmen LM untuk berbagi kasih dengan semua orang tanpa membedakan agama, suku dan golongan seperti juga anggota Loving Moms berasal dari berbagai latar belakang namun bersatu dalam satu visi yaitu berbagi kasih dengan semua orang, sesuai dengan tagline Loving Moms: Let’s Share Our Love With Everyone.

Yuno mom Fara dan Fira selaku Ketua Panitia LM Peduli Rumah Kita menyampaikan laporan singkat tentang penggalangan dana yang telah dilakukan LM, latar belakang dan tujuan acara. Mom Yuno kembali menegaskan bahwa tujuan LM adalah ingin berbagi kasih dengan anak-anak Rumah Kita. Mom Yuno membacakan sumbangan-sumbangan yang berhasil dikumpulkan LM bagi Rumah Kita. Terdiri dari berbagai jenis barang keperluan Rumah Kita antara lain:

  • Sembako untuk Rumah Kita
    Aneka barang bersih-bersih untuk Rumah Kita
    Aneka Educational Toys untuk anak-anak Rumah Kita
    Hiburan (Magic Balloon dan Sulap) untuk anak-anak di Corner Resto
    THR Pengawas / Kepala Rumah Tangga Rumah Kita (Ibu Neni)
    Gitar Yamaha untuk Rumah Kita
    Mainan Anak-anak untuk Rumah Kita
    Handuk untuk Rumah Kita
    Sprei dan sarung bantal untuk Rumah Kita
    Buku-buku untuk anak-anak Rumah Kita
    Gorden untuk Rumah Kita
    Container serba guna untuk Rumah Kita
    Cosmos penyimpan beras untuk Rumah Kita
    Yong Ma Rice Cooker and Magic Jar 2 in 1 untuk Rumah Kita
    Goody Bags untuk anak-anak Rumah Kita + Amplop Rp. 200,000,- /anak.

Detail Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Sumbangan terlampir.

Beberapa kali ibu-ibu dan anak-anak Rumah Kita bertepuk tangan ketika barang-barang sumbangan dibacakan, tak sedikit diantaranya yang menaikkan kedua tangannya didepan dada tanda bersyukur. Alhamdulillah Ya Allah, demikian ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan barang-barang sumbangan secara simbolis. Mom Dera memanggil Yulia (8 tahun penderita kanker ovarium) yang maju ditemani Sonia (11 tahun penderita kanker otot – Rabdomiosarkoma). Akbar, anak laki-laki umur 6 tahun asal Ternate yang sangat ceria juga diundang menerima sumbangan, Akbar yang menderita kanker mata (Retinoblastoma) harus dituntun ibunya karena kedua matanya sudah tidak dapat melihat. Ketika diminta bernyanyi, Yulia spontan menyanyikan lagu “Ayat-ayat Cinta” dengan polos, suara beningnya nan merdu mampu membuat bulu kuduk merinding dan menggetarkan jiwa. Kami sangat yakin semua yang mendengarnya merasakan keharuan yang sama, karena lirik lagunya sangat mewakili keadaan Yulia. Yulia dan Sonia sangat senang menerima sumbangan berupa buku-buku dan permainan edukatif dari LM untuk dipergunakan bersama di Rumah Kita.

Akbar menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi” dengan semangat dan sangat ceria meskipun banyak lirik lagu yang salah diucapkannya. Siapapun pasti tergugah demi menyaksikan semangat Akbar yang tidak pernah luntur meski kedua matanya tidak bisa melihat. Dengan dibantu ibunya, Akbar menerima pesawat yang diidamkannya, pesawat tersebut adalah jawabannya ketika Tim Survey LM berkunjung ke Rumah Kita di bulan Agustus lalu dan bertanya hadiah apa yang diinginkannya jika berhasil berpuasa nanti. Satu persatu anggota Loving Moms meneteskan air mata haru demi melihat semangat Akbar, Yulia dan Sonia. Anak-anak polos ini punya semangat besar, tidak kehilangan keceriaan sekalipun tubuhnya digegoroti oleh penyakit kanker yang terbilang ganas dan menyakitkan.

Acara penuh keharuan ini pun dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis sumbangan untuk keperluan rumah tangga Rumah Kita, Mom Nia menyerahkan blender dan rice cooker kepada Mbak Neni (pengawas Rumah Kita) dan Ibu Inggrid (koordinator Rumah Kita). Berbagai barang sumbangan lainnya akan diantarkan oleh LM langsung ke Rumah Kita selepas acara. Mom Tiesmin menyerahkan gitar Yamaha kepada Ibunda Yulia dari Rumah Kita. Gitar ini kami harapkan bisa dipakai sebagai pengisi waktu, pengusir stress bagi bapak-bapak di Rumah Kita yang menunggui anaknya dan juga mampu memberikan keceriaan baru bagi anak-anak di Rumah Kita. Mom Yuno kemudian menyerahkan dana cash sebesar Rp. 5,000,000,- (lima juta rupiah) kepada Ibu Hj. Aniza M. Santosa, yang akrab dipanggil Ibu Ica, Bendahara YKAKI, dana ini kami maksudkan untuk bantuan uang sewa Rumah Kita yang akan segera berakhir bulan Desember 2008.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk ulang tahun ketiga Loving Moms dan juga doa bagi anak-anak Rumah Kita dan keluarganya. Doa dibacakan oleh seorang ibu dari Rumah Kita. Selanjutnya acara diisi dengan penampilan dari Rumah Kita. Semua anak Rumah Kita yang hadir tampil menyanyikan lagu “Kasih Ibu Sepanjang Masa” dengan sederhana dan polos. Lagu ini ditujukan kepada Loving Moms yang mendengarkannya dengan penuh haru. Kami sungguh simpati kepada anak-anak ini, kami bisa merasakan ketulusan hati mereka ketika menyanyikan lagu itu.

Ibu Inggrid dan empat ibu-ibu dari Rumah Kita membacakan puisi karangan Sudjiwo Tejo. Inti puisi itu adalah perjuangan dan jeritan hati ibu penderita kanker, demi menyaksikan buah hatinya bertarung melawan penyakit kanker yang terkadang juga berarti bertarung dengan maut. Hati seorang ibu yang hancur demi menyaksikan penderitaan anaknya yang terkulai lemah tanpa daya melawan ganasnya penyakit kanker. Namun sang anak berkata rataplah aku dengan doa.

Puisi yang dibacakan dengan sepenuh hati dan suara bergetar ini, bukan hanya membuat anggota LM terharu, namun melahirkan suatu pencerahan bagi kami yang harus belajar banyak mengenai ketegaran dan cinta dari ibu-ibu di Rumah Kita. Cinta seorang ibu memang tidak akan pernah luntur bagaimanapun kondisi buah hati kita, apapun masalah dan tantangan yang dihadapi tidak akan mengurangi sedikitpun keinginan ibu berjuang bagi anaknya.

Tidak mau berlama-lama dalam suasana haru, mom Dera kemudian mencairkan suasana dengan ajakan anak-anak balita LM dan anak-anak Rumah Kita untuk maju kedepan mendekati anggota LM yang telah menanti dengan cake ulang tahun ketiga Loving Moms berbentuk tulisan LM dikelilingi logo LM. Dengan semangat dan ceria, semua yang hadir menyanyikan lagu Happy Birthday dan Selamat Ulang Tahun. Anak-anak balita LM dan Rumah Kita bersama-sama meniup lilin diiringi dengan tepuk tangan meriah.

Selepas acara tiup lilin, mom Yuno meminta Bang Ucok sang pesulap untuk menghibur anak-anak dengan sajian sulap dan magic balloons sambil menunggu waktunya buka puasa. Sejak itu hingga acara selesai, Bang Ucok selalu dikerubungi anak-anak Rumah Kita dan balita LM yang memintanya membuatkan balon berbentuk aneka macam bentuk. Bang Ucok melayaninya dengan sukacita dan rupanya anak-anak itu sangat menikmati hiburan ini.

Pukul 18.00 kurang dua menit, acara makan bersama dimulai. Sebagian ada yang langsung berbuka puasa, bergantian dengan yang menjalankan sholat maghrib di mushala kecil Restoran. Kami sangat bahagia menyaksikan anak-anak Rumah Kita menikmati sajian buka puasa dengan lahap, pun ketika mereka menikmati cupcakes dan cakes ultah LM.

Setelah acara buka puasa selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rumah Kita -YKAKI yang diwakili oleh Ibu Ica, Bendahara YKAKI. Ibu Ica menyampaikan terima-kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, bantuan dan dukungan Loving Moms kepada Rumah Kita seraya mengucapkan selamat ulang tahun bagi LM. Sumbangan dan dukungan bagi Rumah Kita akan dipergunakan sebaik-baiknya demi kepentingan anak-anak Rumah Kita sesuai dengan amanah para donatur.

Ibu Ica kemudian melanjutkan dengan memperkenalkan satu persatu anak-anak Rumah Kita dan ibunya. Sambil berkenalan, Loving Moms membagikan goody bags dan amplop senilai Rp. 200,000,- / orang bagi anak-anak Rumah Kita. Acara ditutup dengan foto bersama Loving Moms dan Rumah Kita pada pukul 19.00 WIB.

Seusai acara, panitia berangkat konvoi menuju Rumah Kita yang berlokasi tidak jauh dari Restoran Corner tempat acara. Waktu telah menunjukkan pukul 20.45 ketika Loving Moms bersama para suami dan anak-anak balita kami meninggalkan Rumah Kita setelah menurunkan barang-barang sumbangan dari 5 mobil penuh. Bersama para penghuni Rumah Kita, kami bersemangat menurunkan dan mengantarkan sumbangan itu, yang rasanya tidak ada habis-habisnya disambut dengan sukacita oleh ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak Rumah Kita serta pengurus YKAKI yang ada. “Kami sampai tidak sanggup lagi berkata-kata melihat semua sumbangan ini” demikian yang terucap oleh Ibu Ira.

Berhubung dana yang masuk ke rekening bendahara terus masuk melewati batas akhir penutupan, bahkan pada saat acara. Kami memutuskan mengalokasikan dana yang terakhir masuk untuk membantu biaya operasi pengangkatan tumor dari bawah telinga kiri Zidan yang belum genap berumur 2 bulan. Zidan akan menjalani operasi di RSCM pada tanggal 26 September 2008. Kami menitipkan dana bantuan operasi Zidan sebesar Rp. 1,000,000,- kepada Ibu Inggrid selaku koordinator Rumah Kita yang akan mendampingi ibu Zidan ke RSCM. Selain itu, kepada Ibunda Bayu yang baru saja divonis menderita kanker rahim dan baru saja ditinggal pergi suaminya, padahal Ibu ini harus juga mengurus Bayu, 12 tahun yang menderita kanker leukemia. Panitia menyerahkan dana bantuan sebesar Rp. 1,000,000,- untuk Ibunda Bayu yang kami dengar mengeluhkan ketiadaan dana bagi kelanjutan hidupnya dan Bayu. Ibunda Akbar yang terpaksa menetap di Rumah Kita selama setahun ini meninggalkan suami dan kedua saudara Akbar di Ternate, tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit bagi pengobatan Akbar yang telah menjalani 20 kali kemoterapi dan 12 kali penyinaran. Ibunda Akbar mendapat bantuan dana senilai Rp. 500,000,- Ibu Neni selaku pengawas Rumah Kita mendapat dana sebesar Rp. 500,000,- sebagai sedikit bantuan menjelang hari raya Lebaran.

Demikian laporan ini kami sampaikan. Alhamdulillah, Puji Tuhan Yang Maha Esa. Tugas kami sebagai panitia telah berakhir dengan sukses. Terlampir detail laporan penerimaan dan pengeluaran sumbangan LM Peduli Rumah Kita dari para donatur yang kami cintai (Loving Moms dan Sahabat LM). Terima-kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada Loving Moms untuk menyalurkan berkat dan rejekinya kepada Rumah Kita. Kami doakan rejeki dan berkat melimpah bagi semua tangan yang telah memberi, semua hati yang telah terketuk, semua jiwa yang telah berbagi kasih. Semoga cinta yang telah terpupuk ini, semakin bertumbuh dan terus berbuah. Mari terus menebarkan cinta kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, tanpa memandang perbedaan agama, suku dan golongan.

Let’s Share Our Love With Everyone.

Panitia LM Peduli Rumah Kita

Ketua: Yuno mom Fara dan Fira
Wakil: Yuliana mom Zidan dan Naia

Bendahara:

Tiesmin mom Marvel dan Jeo

Rina mom Alyssa

Anna mom Zian

Panitia Acara:

Dera mom Keishia dan Deo

Tania mom Vida dan Cello

Moderator LM: Gerda mom Christabelle
Nia mom Kayla

Loving Moms:

Blogs:
http://lovingmoms.blogs.friendster.com/
https://lovingmoms.wordpress.com/about/
Yahoogroups:
http://asia.groups.yahoo.com/group/lovingmom/

Rumah Kita
Jalan Percetakan Negara XI
Gang 2 no. 27, RT 09/ RW 04
Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih
Jakarta
Telpon : (021) 4280 1292
Hp : 0815 84320702 (Mbak Neni)

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
(Indonesian Care for Cancer Kids Foundation)
Jl. Waru no. 12 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta 12450
t. +62 21 7546804 f. +62 21 7547745
email : info@ykaki.org
website : http://www.ykaki.org

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s