LM Peduli Panti Asuhan Nurul Iman (Ultah pertama LM)

Full reportase about LM’s 1 st bday celebration.

* Persiapan *

Jumat (15 Sept)
Satyo dan Farah sudah ke lokasi acara dan memilih souvenir (tempat makan), survey tempat dan pembayaran.

Kedua moms ini yang inisiatif meminta pinjaman karpet/tikar untuk gelaran di lantai berhubung tempatnya tidak mungkin menampung hampir 160 orang (65 anak panti + pengurus ditambah 22 moms + 26 kids + 20 dads + 20 BS).

Mom Satyo juga membicarakan dekorasi yang tepat dan meriah untuk acara.

Sabtu (16 Sept)
Panitia saling bertelpon untuk mencari tahu apa lagi yang harus dipersiapkan. Karpet dan tikar berhasil dikumpulkan dan cukup untuk menampung anak-anak panti.

Minggu (17 Sept) 

LMers YANG HADIR:

  1. gerda, bella n papa
  2. fetty, nadine n azka
  3. tania, vida n cello, nanny
  4. satyo, maia dan ayah
  5. rina, alyssa dan ayah
  6. dera, keishia dan papa
  7. yannie, matthew n jayson, daddy
  8. lily, klarissa n brigitta
  9. widia, timothy dan papi
  10. iin, nicho dan papi
  11. puti, mayla dan ayah
  12. nina, zahra, ayah
  13. ayu, rifki dan tante rifki
  14. rissa, arya dan ayah
  15. maya, abi dan ayah
  16. friska, matthew 
  17. maria, kara dan ayah
  18. riska, rani dan ayah
  19. leonny, kavin dan papi
  20. lia, gerrard
  21. chandra, rafi dan BS
  22. rina, hazel

*ACARA*

Minggu (17 Sept)
Jam 9.00:

Satyo ibu Maia udah sibuk menambah dekorasi di tempat acara, dibantu oleh Lia Mom Gerrard. Beberapa moms sudah mulai berdatangan dan semuanya kompakan pake baju putih termasuk anak, suami dan bahkan BSnya :)  Semua moms pake name tag yang dibagi langsung pada waktu nyampe.

Jam 9.15:
Dera, Widia, Friska, Yannie, Lia, Rina, dll dll mulai sibuk masukin barang ke dalam paper bag anak panti (baju koko, snack, peci, jilbab, mainan, dll). Tukang Sulap mulai siapin diri, Dera koordinasi dengan MC Texas. Salah satu AC tidak berfungsi bikin suasana tambah HOT bak sauna gratis.., hehehe. Satyo sibuk
ngurusin konsumsi. Puti sibuk ngurusin per’uang’an.

Jam 9.20:
65 anak panti asuhan nurul iman tiba di lokasi acara dengan kopaja dan pick up. mereka didampingi umi, pimpinan yayasan dan santo (pengurus yayasan). Diantara anak-anak ini ada yang badannya lebih besar, mereka adalah anak SMP yang diminta menggantikan anak SD yang nggak bisa datang karena sakit dan nyekar.

Jam 9.25
Tukang sulap dan MC mulai menyapa anak panti sambil menunggu moms di belakang masih mengurusi goodybags.
Jam 9.30
Dera memulai tugasnya sebagai MC. Opening by Dera

Laporan dari Gerda as Modie dan Ketua Panitia.

Pembacaan doa oleh Nina bunda Zahra. Doa ini dijemput ke RS Hermina, Jatinegara dari Yuno yang udah nyiapin doanya tapi nggak bisa datang karena Fira dirawat karena Demam Berdarah

Kemudian Dera memimpin games yang terdiri dari: Games menirukan nyanyian dan gerakan yang dicontohkan Dera. Anak-anak diminta maju 10 orang sekali maju karena tempat terbatas. Tiap anak yang maju diberikan hadiah baik menang maupun kalah  dibedakan hanya pada jenis hadiahnya saja. Games mecahin balon dengan ketiak dan didudukin. Anak-anak panti sangat menikmati dan antusias pada games ini, semua orang dapat giliran dan semuanya pasti dapat hadiah.

Acara puncak berupa: Tiup lilin oleh anak-anak LM Selepas tiup lilin, tukang sulap beraksi.

Jam 12.15
Sepatah kata dari Umi yang menyampaikan ucapan terima kasih dan keharuan yang sangat mendalam karena tak menyangka anak-anak panti mendapatkan rejeki tak terduga. Apalagi penyumbang berasal dari orang-orang tidak saling mengenal dekat satu sama lain dan berasalh dari berbagai suku dan agama. Umi titip salam dan terimakasih yang sebesar-besarnya buat para moms dan donatur baik yang datang maupun tidak, jauh maupun dekat. Buat mereka sumbangan yang mereka terima hari itu adalah sumbangan terbaik dan terbesar yang pernah mereka terima. Apalagi semua anak mendapatkan hadiah yang sama dari SD hingga SMA, termasuk pengurus panti. Uang Rp. 10,000,- per anak merupakan kebahagiaan besar buat anak-anak itu.

Selain itu mereka sangat bersyukur karena mendapatkan baju muslim yang mereka idamkan karena sebentar lagi lebaran. Apalagi mereka juga mendapatkan berbagai sembako dan barang-barang yang sangat sesuai dengan kebutuhan puasa. Dera juga menyumbang peralatan kebersihan untuk mereka (sabun, sampo dan sikat gigi). Nina menyampaikan amplop sebesar Rp. 1,565,000,- kepada Umi untuk keperluan panti. Uang ini merupakan sisa sumbangan yang kita janjikan disampaikan seluruhnya bagi panti sesuai dengan amanah para penyumbang.

Terakhir closing by MC dengan lagu sayonara dan mari pulang.

Jam 12.30
Anak-anak pulang dengan tertib.., dipanggil satu-satu persatu ke depan untuk menerima goodybagsnya. Yannie membagikan amplop uang, Widia dan Lia membagikan goodbagsnya. Satyo, Rissa dan Chandra membagikan paket makan Texas.  Kita sengaja meminta mereka membawa pulang makanannya supaya mereka menikmati makanan + kue tartnya dengan kakak dan temannya yang tidak ikut di panti asuhan.  Anak-anak pulang dengan Kopaja dan Pick Up. Sebagian moms yang membawa sembako dan berbagai barang sumbangan langsung menyerahkan barang-barang itu supaya dibawa bersama dengan anak-anak ke panti.

Jam 13.30
Gerda, Tania, Ayu dan Nia konvoi menuju panti bersama dengan Umi. Disana kami menyampaikan barang-barang sumbangan yang ada di mobil.

Berikut ini adalah kondisi panti asuhan Nurul Iman. Berlokasi di pinggiran rel kereta manggarai. Masuk kedalam cuma bisa satu mobil.Panti ini sebenarnya rumah Umi dan suaminya (alm). Kurang lebih luasnya 9m x 10m dan bertingkat. Umi punya toko kelontong kecil disebelah panti yang sebagian besar keuntungannya digunakan untuk menyokong dana panti. Umi mengambil alih pengurusan yayasan ini karena suaminya meninggal beberapa tahun lalu.Anak yang tinggal di panti ada 60 anak (laki dan perempuan). Yang laki tidur gelaran di lantai bawah, yang perempuan di atas (gelaran juga).

Anak yang tinggal di panti adalah anak yatim piatu yaitu sama sekali tidak punya ayah dan ibu maupun keluarga yang bersedia menampung mereka. Sedangkan 45 anak lagi hidupnya di daerah Citayam dan Bekasi adalah anak yatim yang masih punya salah satu orang tua tapi tidak membiayai sekolah maupun sekedar memberi makan anaknya. Anak-anak ini berasal dari berbagai tempat, tapi sebagian besar adalah anak miskin yang hidup disepanjang rel kereta api manggarai. Sebagian besar datang sendiri ke panti,diantar orang, dll .Umi orangnya tidak tega, jadi kalo ada yang datang pasti diterima. Di lantai bawah tidak ada kursi tamu, meja makan. Hanya ada ruangan kosong diisi dengan mesin cuci (sumbangan). TV besar (sumbangan anak Umi).

Ada 4 kamar di bawah. 1 untuk sholat (ada banyak sajadah), 1 untuk ruang tidur, 1 dapur, 2 kamar mandi bersama. Di lantai atas ruangan terbagi 2. tidak ada tempat tidur maupun kasur, cuma ada ruang kosong + TV. di sebelahnya ada lemari penuh dengan boneka sumbangan donatur. Di atas toko umi ada ruangan yang keramiknya sudah bagus karena sempat direnovasi oleh anak-anak umi.., keliahatan sangat kontras dengan ruang sebelahnya (tempat anak panti tidur). Umi dan anak panti hidup setiap bulan dengan mengandalkan rejeki umi di toko, honor ceramah umi, iuran tetap Rp. 500,000,- dari masing-masing 7 anak kandung umi, donatur tetap 3 orang. Hingga hari ini belum ada orangtua angkat untuk anak panti, dan donatur tetap yang ada belum menutupi seluruh biaya bulanan Rp. 8,000,000,- yang dibutuhkan tiap bulan. Kalo ditanya umi gimana cara nutupnya? Umi bilang Tuhan yang nutupin. Kadang mereka makan aja sudah merasa bersyukur dan biaya sekolah sering nunggak.

Kami merasa terbeban untuk menyampaikan himbauan. Jika sekiranya ada yang merasa terpanggil untuk menjadi donatur tetap maupun lepas, orangtua angkat,  dll. Apapun bentuknya yang bertujuan membantu kelangsungan hidup dan sekolah anak panti nurul iman. Silahkan langsung menghubungi Umi.  Satu hal yang membuat kami salut ke umi.., baliau bertanggung jawab hingga akhir. Anak-anak itu disekolahkan, dibimbing agama dan akhlaknya. Anak-anak itu diajari mengaji sehingga terkadang mendapat dana karena diundang mengaji di hajatan. Setelah anak-anak lulus SMA, Umi akan menghubungi kenalan maupun donatur untuk menampung anak itu kerja apa sebagai pekerja kantoran or even di restoran, Office Boy, dll.

Terima kasih yang tak terhingga buat semua panitia yang sudah bekerja keras selama 1,5 bulan. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para moms yang sudah menyumbang sebagian dari rejekinya untuk menglangsungkan acara ultah pertama lovmoms dengan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti. Jika ada yang kurang berkenan, gw mohon dimaafkan.

Semoga kedepannya, kita semakin kompak, solid, saling membantu satu sama lain. There is no border to share our love. Because we are loving moms!!!

TOTAL SUMBANGAN CASH Rp. 9,500,000,-

SUMBANGAN BARANG NON CASH
1. Goodybags untuk anak2 SD, 60org masing-masing menerima:
~ Baju muslim perempuan (dibeli dengan dana sumbangan yang terkumpul)
~ Baju koko anak laki (idem)
~ Peci/kupluk putih untuk anak laki (sumbangan Ayu, mama Rifqi)
~ Kerudung/jilbab anak perempuan (sumbangan Fetty, mama Nadine & Azka)
~ Snack + susu kotak (sumbangan Nia, bunda Kayla)
~ Snack (sumbangan Rissa, bunda Arya)
~ Mainan (sumbangan Leonny, mami Kevin) pistol2an untuk anak cowok dan kipas disney untuk anak cewek
~ Tempat makan dari paket Texas FC

2. Kue tart untuk acara (sumbangan Gerda, mom Bella)3. Pertunjukan Sulap untuk menghibur anak-anak (sumbangan Yuno, bunda Fara dan Fira)

4. Beras dan indomie untuk anak-anak panti (sumbangan Puti, bunda Mayla)

5. Beras dan gula untuk anak panti (sumbangan Yannie, mami Matthew & Jayson)

6. Hadiah games untuk 60 anak SD pada saat acara (sumbangan Titi, Sahabat LM teman mom Dera)

~ paper bag gbr sponge bob dan barbie, juara 1 handuk~ juara 2 botol minum, juara 3 payung, hadiah hiburan tempat pensil

~ masing-masing anak dapat tambahan gantungan kunci club bola dunia untuk anak cowok

~ pensil halo kitty

7. Baju muslim dan kain untuk pengurus panti 8 orang (sumbangan Nia, bunda Kayla)

8. Baju muslim (atasan n bawahan) untuk anak SMP dan SMA (dibeli dari sumbangan yang terkumpul)

9. Sarung untuk anak SMP dan SMA yang laki2 (sumbangan Satyo, ibu Maia)

10. Minyak goreng, teh celup, mentega, biscuit, gula (sumbangan Linda, mami Jo di Duri)

11. Baju layak pakai (sumbangan Satyo ibu Maia)

12. Cat untuk panti (sumbangan mama Betty, mertua mom Gerda)

13. Alat tulis berupa buku, pen, pensil warna, penggaris, dll (sumbangan Maria, bunda Kara)

14. Alat kebersihan ie sampo, sabun, sikat gigi, dll (sumbangan Dera, mami Keishia)

15. Sumbangan dari mamanya Rina Jacub

Detail pemakaian dana dilaporkan secara detail oleh bendahara.

Posted by : Gerda – Mama Bella

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s