Loving Moms 4th Bday : Ingin Berbagi Kasih dengan masyarakat tak mampu di Avicenna Foundations

Dear moms,

PENGANTAR

Tak terasa sebentara lagi bulan puasa, bulan suci Ramadhan sudah menjelang. Sebelumnya Gerda & Nia, duet moderator cantik (hahaha) Loving Moms mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan, dan mohon maaf lahir batin jika ada kekurangan kami dalam mengurus milis maupun dalam berteman. Memasuki bulan puasa, juga berarti sebentar lagi Loving Moms akan merayakan ulang tahunnya yang ke-4 di 29 September 2009.

Di usia yang ke-4, meski frekuensi email sudah cenderung menurun, namun pertemanan kita di Loving Moms justru memuncak :)  Esensi milis telah bergeser menjadi tempat berkenalan, karena pertemanan dan komunikasi telah terjalin secara langsung. Berbagai kegiatan amal bertajuk LM Peduli dan LM Berbagi Kasih telah kita adakan dengan sukses, berbagi kasih menembus batas2 agama dan suku. Dari mulai Panti Asuhan Nurul Iman, Panti Jompo Kristen Karya Kasih, Korban Banjir Kali Pasir, Rumah Autis YCKK, Panti Asuhan Kristen Abigail, Rumah Kita untuk anak2 penderita kanker dhuafa, Panti Jompo Katolik Melania, Panti Asuhan Katolik Taman Fiorety, dan berbagi kasih dengan ananda Berkat Hutauruk, balita 5 tahun penderita AIDS di Medan.

Mari kita dengan sukacita kembali berbagi kasih dan mengajak orang2 disekitar kita melakukan hal yang sama. Melalui acara LM Berbagi Kasih dengan sodara2 kita yang kurang beruntung di bulan puasa ini. Seperti yang sudah diwacanakan sebelumnya, tahun ini Loving Moms berniat mengadakan pembagian sembako bekerja sama dengan Yayasan Avicenna.

YAYASAN AVICENNA

Pendiri yayasan ini adalah Imam Musjab, teman kerjaku di QBE Insurance. Secara singkat bisa dijelaskan bahwa Yayasan Avicenna ini merupakan yayasan nirlaba yang mengabdikan diri membantu masyarakat kurang mampu di daerah Jatinegara – Pulo Gadung dan sekitarnya. Mas Imam bersama istrinya Mbak Vivi Sulastri mendirikannya karena dorongan berbuat sesuatu yang nyata demi melihat penderitaan masyarakat marginal di lingkungan RT sekitar rumahnya. Nama Avicenna diambil untuk mengenang anak ketiganya yang meninggal di umur belum genap satu bulan. Pengurus Avicenna merupakan warga tetangga Mas Imam di RT tersebut.

Avicenna kerap mengadakan pasar murah sembako kepada masyarakati disana dengan menggunakan sistem kupon / voucher kepada para anggota. Anggota tidak dikenakan biaya, hanya kepentingan administrasi. Sistem kupon dibuatkan untuk memastikan lebih banyak masyarakat mendapat bantuan meski dalam bentuk subsidi dan menjaga agar dana tetap ada. Misal sembako yang dibagikan Rp. 25,000,- maka dijual kepada member sebesar Rp. 10,000,- Jika bukan member yang datang, dijual dengan harga lebih tinggi sedikit Rp. 12,500,- Dan orang tersebut otomatis dicatat pada daftar anggota. Saat ini tercatat keanggotaan lebih dari 100 anak, kebanyakan janda, jompo dan masyarakat tak mampu. Selain pasar murah sembako,

Avicenna juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada anak2 putus sekolah dan terlantar. Beasiswa yang diberikan berasal dari dana donatur. Disamping itu juga diadakan pengobatan gratis dan peminjaman modal kerja secara bergilir.

Untuk lebih jelas, Mas Imam akan mengirimkan proposal dari Avicenna. Nanti aku akan combine dengan proposal LM untuk disebarkan pada Sahabat2 LM.  Sementara ini, bisa juga mengunjungi langsung blog Avicenna : http://avicennafoundation.wordpress.com/

 

KEPANITIAAN LOVING MOMS

Untuk itu, kita memerlukan kesediaan moms menjadi panitia dari Loving Moms. Bentuk kerjasama kita adalah, LM mencari dana, sementara Avicenna akan membuatkan acaranya (pembagian sembako dan penyaluran beasiswa). Seperti biasa kami menunggu kesediaan dan panggilan hati moms yang bersedia menjadi Ketua Panitia Loving Moms berbagi kasih dengan masyarakat tak mampu di Avicenna Foundations. Butuh Bendahara 2 – 3 orang dengan rekening Mandiri dan BCA. Dan tentu saja butuh tenaga2 sukarelawan lainnya.

Berhubung sudah ada daftar anggota Avicenna, maka pekerjaan lebih mudah. Avicenna akan mengurus segala hal yang berkaitan dengan anggotanya dalam hal pemberitahuan akan ada pembagian sembako, belanja sembako (mereka sudah ada kerjasama dengan pasar induk, kita -LM- bisa ikut berbelanja atau pun mau LM yang belanja sendiri), persiapan tempat maupun pelaksanaan acara.

Pembagian Sembako

Mas Imam memberi gambaran jika pasar murah Rp. 25,000,- biasanya sudah bisa menjangkau seluruh member. Mengingat beratnya beban hidup, alangkah sejuknya jika kali ini melalui Loving Moms para anggotanya bisa mendapatkan sembako secara cuma-cuma untuk keperluan puasa.

Sebagai gambaran kegiatan pasar sembako sebelumnya. Program: Kupon Diskon Rp 15.000 (Beras 3 lt, Minyak Goreng 1/2 Kg, Indomie 5 pcs, Gula pasir 1/2 Kg, Teh Sariwangi). Total Harga Rp 25.000, Diskon Rp 15.000, Member membayar Rp 10.000. Member: 93 orang + 7 Non Member* Jumlah Biaya: Rp 1,500,000 Non Member adalah warga miskin diluar kawasan yang dating dan tidak terdaftar sebagai Member Beberapa Member tidak sanggup menebus Rp 10.000 sehingga diberikan GRATIS

Beasiswa pendidikan

Selain itu kita berharap dana yang tersedia cukup banyak, untuk memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada anak2 kurang mampu di Avicenna, untuk satu tahun ajaran. Sebagai gambaran kegiatan beasiwa yang sudah berjalan :

Periode 1 kami memulainya dengan 7 anak-anak yatim/piatu dan fakir miskin yang rawan putus sekolah di linkungan RT 09 RW 03 Kelurahan Jatinegara dimana yayasan berdomisili, mereka adalah Alfianto Gustri (10 tahun), M Iqbal (9), Erna Ana Janati (9), Dicky Setiawan (9), Eki R (7), Lutfi Alfiansyah (14) dan Triwisnu Setiawan (11) mereka siswa kelas 3, 4 dan 5 di SD Negeri 03, 04 dan 05 Jatinegara yang berada di lingkungan kelurahan Jatinegara Jakarta Timur kecuali Lutfi Alfiansyah (14) kelas 9 SMP YPI Jatinegara.

Bantuan berupa paket seragam merah putih, seragam pramuka lengkap dan sepatu kecuali untuk Lutfi Alfiansyah (14) berupa uang tunai Rp100,000 untuk pembayaran SPP.  Total Biaya Program Beasiswa Periode 1 adalah Rp. 755,000,-

Acara Ultah Loving Moms Berbagi kasih dengan Avicenna Foundations

Acara Pembagian Sembako dan Pemberian Beasiswa

Sabtu, 12 September 2009

Tempat : Jl. Puskesmas Kavling Blok O No. 3 RT.09 RW.03 Jatinegara, Jakarta 13930

 

LM’s 4th Bday Celebration

Acara tiup lilin dan family party…, sekalian digabung dengan arisan LM bulan September dan Oktober

Sabtu, 3 Oktober 2009

Tempat : Belum diputuskan. Any idea are welcome P

Pilihan :

1. Rumah salah satu member LM yang bersedia dan berulang-tahun. (Ayo Anggie, Nia, Elis hompimpa dulu) Aku usul di rumah moderator kita yang saat itu berulang-tahun🙂 Nia ultah tanggal 2 Oktober. Elis dan Ricke ultah tanggal 3 Oktober. Anggie juga ultah di tanggal 28 Sept🙂 Belle dan Fakhri ultah bareng di tanggal 29 September. Tiup lilin bareng lagi yah Fakhri🙂 Sama bunda2nya semua dah, cakenya bau jigong deh. Hahaha.

2. Outdoor.

Kebun Raya Bogor, Kolam renang di apartment Elis atau Yannie (boleh gak sis), atau dimana ajalah. Ok moms, Ditunggu yah kesediaannya.

Ayo ayo ayo siapa nih yang sedang ingin berbuat kebaikan di ladang amal? Ditunggu yah hari ini juga…, Kalo hati sudah terketuk, aku yakin tidak perlu ditodong2 lagi🙂

Sudah pengalaman, LMers selalu siap dan bersedia memberikan hatinya untuk acara Berbagi Kasih dengan mereka membutuhkan.

Let’s Share Our Love With Everyone, this time with poor society in Avicenna Foundations.

Lot of love from moderator Loving Moms,

Gerda Silalahi mom Christabelle Nia Octaviani bunda Kayla

**************************

About AVICENNA Foundation  

AVICENNA Foundation (Yayasan Avicenna) didirikan dengan tekat untuk membantu sesama terutama mereka yang miskin dan kurang beruntung, melalui 4 program pokok yaitu:  

 1.    Pendidikan (Education) Pemberian beasiswa, biaya pendidikan dan penyediaan sarana pendidikan dari tingkat TK sampai dengan Perguruan Tinggi, jangka pendek yang harus segera dilakukan adalah kami tidak ingin melihat anak-anak TK atau SD tidak sekolah karena kemiskinan orang tuanya.

2.    Kesehatan (Health) Pelayanan dan penyediaan sarana kesehatan dan pengobatan bagi balita, anak-anak, ibu dan orang tua, jangka pendek yang harus segera dilakukan adalah kami tidak ingin melihat balita dan anak-anak menangis kesakitan tidak terawat karena tidak bisa berobat aibat kemiskinan orang tuanya.  

3.    Pemberdayaan (Empowerment) Penyediaan modal kerja secara bergilir, karena orangtua harus bertanggung jawab terhadap anak-anak yang dilahirkannya, jangan sampai mereka tidak punya uang untuk memberi mereka makan, sekolah, dan masa depannya. Orang tua harus bekerja, bisa menjual gorengan, sayur, beras, mie dll  

4.    Kegiatan Sosial (Social works) Santunan sosial, pemberian sembako, sembako murah, pengobatan gratis dan banyak kegiatan amal lainnya   melihat kenyataan bahwa sangat banyak orang-orang miskin, anak-anak yang tidak mendapatkan haknya untuk bersekolah, mereka yang hanya bisa menangis dengan kemiskinannya, Yayasan Avicenna bertekat untuk membantu mereka.  

Anggota / Membership   Yayasan AVICENNA menerapkan sistim keanggotaan / membership, mereka akan didata, diberikan kartu anggota, diberdayakan dengan program berkelanjutan, target jangka pendek kami dapat memberi bantuan dan pemberdayaan orang-orang miskin sekitar Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur tepatnya di RW 03 dan 02 kelurahan Jatinegara dimana Yayasan berdomisili tentu target jangka panjang adalah seluruh umat manusia    

Yayasan Avicenna (Avicenna Foundation) is dedicated to help the poor through 4 main programs i.e. Education, Health, Empowerment and Social works.  

Hidup adalah Perbuatan

If there is a will there is a way  

AVICENNA Foundation (Yayasan Avicenna)  

Address: Jl. Puskesmas Kavling Blok O No. 3 RT.09 RW.03 Jatinegara, Jakarta 13930 Indonesia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s