Proposal LM Berbagi Kasih dengan Avicenna Foundations

Pengantar

Menginjak usianya yang ke-4 tahun ini, berbagai kegiatan amal bertajuk LM Peduli dan LM Berbagi Kasih telah kami selenggarakan dengan sukses, berbagi kasih menembus batas-batas agama dan suku, bersama-sama dengan member maupun sahabat-sahabat LM, sebut saja dengan:

  • Panti Asuhan Nurul Iman
  • Panti Jompo Kristen Karya Kasih 
  • Korban Banjir Kali Pasir 
  • Rumah Autis Dhuafa YCKK
  • Panti Asuhan Kristen Abigail 
  • Rumah Kita untuk anak2 penderita kanker dhuafa 
  • Panti Jompo Katolik Melania 
  • Panti Asuhan Katolik Taman Fiorety 
  • Berbagi kasih dengan ananda Berkat Hutauruk, balita 5 tahun penderita AIDS di Medan

Seiring dengan datangnya bulan Ramadhan sekaligus merayakan Ulang Tahun Loving Moms yang ke-4. Sekali lagi kami ingin mengetuk hati dan mengajak member, teman maupun sahabat-sahabat LM untuk berbagi kasih dan mengajak orang2 disekitar kita melakukan hal yang sama. Melalui acara LM Berbagi Kasih dengan saudara-saudara kita yang kurang beruntung di bulan Ramadhan ini. 

Banyak keutamaan yang dijanjikan untuk diraih dan didapatkan di bulan mulia ini. Ramadhan kembali membawa beribu suka cita, menjanjikan berjuta pahala. Ramadhan memiliki keutamaan dan karena keutamaan tersebutlah maka seluruh perbuatan baik yang dilakukan di dalam Ramadhan menjadi lebih utama dari bulan selainnya. Dan adapun diantara perbuatan-perbuatan yang dianjurkan di saat Ramadhan salah satunya adalah bersedekah kepada yang kurang mampu dan beramal baik.  

Tahun ini Loving Moms berniat mengadakan pembagian sembako dan bantuan paket pendidikan bekerja sama dengan Yayasan Avicenna.

Avicenna

Yayasan Avicenna ini merupakan yayasan nirlaba yang mengabdikan diri membantu masyarakat kurang mampu di daerah Jatinegara – Pulo Gadung dan sekitarnya. Pendiri yayasan ini adalah Bapak Imam Musjab beserta istrinya Ibu Vivi Sulastri yang mendirikan yayasan ini karena dorongan berbuat sesuatu yang nyata demi melihat penderitaan masyarakat marginal di lingkungan RT sekitar rumahnya. Nama Avicenna diambil untuk mengenang anak ketiga mereka yang meninggal di umur belum genap satu bulan.

Pengurus Avicenna merupakan warga tetangga Bapak Imam di RT tersebut. Avicenna kerap mengadakan pasar murah sembako kepada masyarakati disana dengan menggunakan sistem kupon / voucher kepada para anggota. Anggota tidak dikenakan biaya, hanya kepentingan administrasi. Sistem kupon dibuatkan untuk memastikan lebih banyak masyarakat mendapat bantuan meski dalam bentuk subsidi dan menjaga agar dana tetap ada. Misal sembako yang dibagikan Rp. 25,000,- maka dijual kepada member sebesar Rp. 10,000,- Jika bukan member yang datang, dijual dengan harga lebih tinggi sedikit Rp. 12,500,-  Dan orang tersebut otomatis dicatat pada daftar anggota. Saat ini tercatat keanggotaan lebih dari 100 anak, kebanyakan janda, jompo dan masyarakat tak mampu. 

Selain pasar murah sembako, Avicenna juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada anak2 putus sekolah dan terlantar. Beasiswa yang diberikan berasal dari dana donatur. Blog Avicenna dapat dilihat pada link berikut ini http://avicennafoundation.wordpress.com/

Acara LM berbagi kasih dengan masyarakat tak mampu di Avicenna

  • Hari, tanggal : Sabtu, 12 September 2009
  • Pukul : 09.00 WIB hingga selesai
  • Tempat : Jl. Puskesmas Kavling Blok O No. 3 RT. 09 RW. 03 
  • Jatinegara Jakarta 

 Susunan Acara

Berbagi 1 : Paket Sembako

Berbagi Paket Sembako untuk membantu meringankan beban mereka yang miskin dan kurang beruntung.

Paket terdiri dari sembako @ Rp 40,000 plus Uang Tunai Rp 10,000 = Rp 50.000 untuk 100 orang

  • Beras 3 lt @ Rp 5.000 Rp 15.000
  • Minyak Goreng 1 Kg  Rp 10.000
  • “Indomie” 5 pc @ Rp 1.000 Rp   5.000
  • Gula pasir 1 Kg Rp   8.500
  • Teh Celup “Sariwangi” Rp   1.500
  •  Uang Tunai Rp. 10.000

             Total Biaya/Paket                Rp 50.000

Mengapa plus Uang Tunai Rp 10.000 ?

Agar mereka dapat membeli kebutuhan yang lain atau membayar utang di warung yang belum mereka lunasi.

 Siapa mereka penerima “Paket Sembako” ini?

Mereka adalah 100 orang fakir miskin anggota AVICENNA Foundation, sebagian besar dari mereka adalah para orang tua berusia 50-60 tahun lebih yang hidup tanpa sanak keluarga lainnya, ada juga yang tinggal bersama anak atau saudara mereka yang kehidupannya tidak lebih baik dari mereka sendiri, sebagian yang lain adalah janda-janda miskin yang membesarkan anak-anak mereka tanpa pekerjaan yang jelas. Mereka tinggal di sekitar Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur tepatnya di RW 03 dan RW 02 kelurahan Jatinegara (daftar nama lihat halaman berikutnya)

Berbagi 2 : Bantuan Pendidikan

Kami tidak berani menyebutnya sebagai Bea-Siswa karena ini hanyalah bantuan biaya untuk melunasi SPP mereka atau untuk membeli perlengkapan sekolah dan seragam mereka

Bantuan Pendidikan berupa uang tunai @ Rp 100.000 untuk 10 orang anak

 Siapa mereka penerima “Bantuan Pendidikan” ini?

Mereka adalah 10 orang anak dari keluarga miskin anggota AVICENNA Foundation, yang kadang kehilangan semangat belajarnya karena tidak dapat melunasi SPP atau menebus seragam dan perlengkapan sekolahnya (daftar nama lihat halaman berikutnya)

Berapa dana yang diperlukan?

Berbagi 1 :
Paket Sembako @ Rp 51.500 untuk 100 orang   Rp 5.000.000

Berbagi 2 :
Paket Bantuan Pendidikan @ Rp 100.000 untuk 10 anak Rp 1.000.000

Total dana yang diperlukan (minimal)    Rp. 6.000.000

Syukur Alhamdulillah jika dapat terkumpul lebih banyak dana lagi sehingga program bantuan dapat dilakukan rutin untuk periode berikutnya minimal sebulan sekali atau untuk program pemberdayaan lainnya.

Dari mana dananya?

Dari Loving Moms dan Sahabat Loving Moms, dari donasi anda dan siapa saja yang ingin berbagi kasih dengan mereka yang miskin dan kurang beruntung. Donasi dapat ditransfer ke rekening bendahara panitia Loving Moms berbagi kasih dengan Avicenna Foundations.

 

Sekilas – AVICENNA Foundation

AVICENNA Foundation didirikan dengan tekat untuk membantu sesama terutama mereka yang miskin dan kurang beruntung, melalui 4 program pokok yaitu:

1. Pendidikan (Education)

Pemberian beasiswa, biaya pendidikan dan penyediaan sarana pendidikan dari tingkat TK sampai dengan Perguruan Tinggi, jangka pendek yang harus segera dilakukan adalah kami tidak ingin melihat anak-anak TK atau SD tidak sekolah karena kemiskinan orang tuanya.

2. Kesehatan (Health)

Pelayanan dan penyediaan sarana kesehatan dan pengobatan bagi balita, anak-anak, ibu dan orang tua, jangka pendek yang harus segera dilakukan adalah kami tidak ingin melihat balita dan anak-anak menangis kesakitan tidak terawat karena tidak bisa berobat akibat kemiskinan orang tuanya.

3. Pemberdayaan (Empowerment)

Penyediaan modal kerja secara bergilir, karena orangtua harus bertanggung jawab terhadap anak-anak yang dilahirkannya, jangan sampai mereka tidak punya uang untuk memberi mereka makan, sekolah, dan masa depannya. Orang tua harus bekerja, bisa menjual gorengan, sayur, beras, mie dll

4. Kegiatan Sosial (Social works)

Santunan sosial, pemberian sembako, sembako murah, pengobatan gratis dan banyak kegiatan amal lainnya

melihat kenyataan bahwa sangat banyak orang-orang miskin, anak-anak yang tidak mendapatkan haknya untuk bersekolah, mereka yang hanya bisa menangis dengan kemiskinannya, AVICENNA Foundation bertekat untuk membantu mereka.
Anggota / Member

Anggota / Member AVICENNA Foundation adalah mereka yang akan diberdayakan dengan program berkelanjutan, target jangka pendek kami dapat memberi bantuan dan pemberdayaan orang-orang miskin dan kurang beruntung di sekitar Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur tepatnya di lingkungan RW 03 dan 02 kelurahan Jatinegara dimana Yayasan berdomisili tentu target jangka panjang adalah seluruh umat manusia.

Mereka adalah 100 orang fakir miskin anggota AVICENNA Foundation, sebagian besar dari mereka adalah para orang tua berusia 50-60 tahun lebih yang hidup tanpa sanak keluarga lainnya, ada juga yang tinggal bersama anak atau saudara mereka yang kehidupannya tidak lebih baik dari mereka sendiri, sebagian yang lain adalah janda-janda miskin yang membesarkan anak-anak mereka tanpa pekerjaan yang jelas.

Mungkin anda tidak pernah menduga, bahwa di balik dinding-dinding pembatas Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur (JIEP: Jakarta Industrial Estate Pulogadung) bermukim ratusan warga miskin. Siapa Mereka? Konon sebagian besar dari mereka  adalah warga asli ex pemilik lahan JIEP yang seharusnya direlokasi karena tanahnya sudah “dibayar” namun mereka tidak tahu harus berbuat apa dengan uang gusuran itu dan jadilah mereka sekarang orang tua dan keluarga miskin tak berdaya, sebagian yang lain adalah warga pendatang yang tak beruntung.

 

Daftar Anggota Penerima Berbagi 1 : Paket Sembako

Member Avicenna

(1) Nenek Wian; (2) Po Ana; (3) Po Naroh; (4) Po Roni; (5) Lia;  (6) Wian;  (7) Cindy;  (8) Mama Dela; (9) Po Yam; (10) H. Tatam;  (11) H. Maryamah; (12) Farida; (13) Aas;  (14) H. Marhamah;  (15) Po Enap;  (16) Bu Suwaji;  (17) Po Encop; (18) Wa Kadot ;  (19) Mariyah Daunah;  (20) Mama Ibnu; (21) Po atih; (22) Eti;  (23) Suryati;  (24) Nunung;  (25) Encum Uki; (26) Encum;  (27) Po Mai;  (28) Ati;  (29) Nenek Kuburan; (30) Mai;  (31) Entin;  (32) Ma Ida;  (33) Ami;  (34) Patimah; (35) Nya Ninin;  (36) Nya Kinah;  (37) Ani;  (38) Kiting; (39) Titi;  (40) Po Ipah; (41) Ma Halimah;  (42) Bu Dadang;  (43) H. Ijah;  (44) Bu Sajak;  (45) Neng; (46) Bu Jalih; (47) Bu Ila; (48) Nya Loni;  ( 49) Mimin; (50) Ada; (51) Juriyah;  (52) Salamah; (53) Yuyun;  (54) Iyah;  (55) Salbiyah;  (56) Titin; (57) Uni; (58) Saidah; (59) Imah; (60) Iroh; (61) Titi; (62) Umi; (63) Yuyun; (64) Wati;  (65)  Rodiah; (66) Titi; (67)  Pak mansur;  (68) Munadi;  (69) Po Yam nasi kuning (70) Esih;  (71) (Jamhari;  (72) Rohaya;  (73) Bu Asmanis;  (74) Bu Umi;  (75) Sauni;  (76)   H. imah; (77) Juju; (78)  Jamal;  (79) Teh Sop; (80) Beti; (81) Bu Enjun; (82) Munisa; (83) Juni; (84) Bu Sum;  (85) Bu Tukang Urut;  (86) H. Taimah;  ( 87) Bu Gani; (88) H. Ani;  (89) Mba Mis; (90) Bu Nyai;  (91) Tini; (91) ini;  (92) Ris ;  (93) Bu Ipit;  (94) Sulis; (95) Mama Rizal; (96) Mama Linda;  (97) mama Ipin;  (98) Mama Fauzan; (99) Ibu Napis;  (100) Lia

 Daftar Anggota Penerima Berbagi 2 : Bantuan Pendidikan

anak2 Avicenna

10 anak-anak yatim/piatu dan fakir miskin yang rawan putus sekolah di linkungan RT 09 RW 03 Kelurahan Jatinegara dimana yayasan berdomisili, mereka adalah Alfianto Gustri (10 tahun), M Iqbal (9), Erna Ana Janati (9), Dicky Setiawan (9), Eki R (7), Lutfi Alfiansyah (14) dan Triwisnu Setiawan (11) mereka siswa kelas 3, 4 dan 5 di SD Negeri 03, 04 dan 05 Jatinegara yang berada di lingkungan kelurahan Jatinegara Jakarta Timur kecuali Lutfi Alfiansyah (14) kelas 9 SMP YPI Jatinegara

Tiga orang anak lainnya adalah: Rizal (6) kelas 1 SD Negeri Jati 05; Fauzan (5) dan Ana Cynthia (5) TK Nuruzzaman Program Beasiwa dirancang untuk periode 6 bulan untuk masing-masing anak dan akan bergilir untuk anakanak putus sekolah atau rawan putus sekolah lainnya

Lebih lengkap di http://avicennafoundation.wordpress.com/

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Loving Moms dan semua donatur yang telah berbagi kasih bersama kami di AVICENNA Foundation teriring do’a semoga kebaikan dan kebahagian senantiasa tercurah kepada kita semua Amien.

Salam dan Hormat Kami,
IMAM MUSJAB
Pengurus AVICENNA Foundation

 

Penutup

Tiada yang lebih indah dan bermakna selain berbuat kebaikan dan beramal baik di bulan Ramadhan ini; selain merupakan sarana beribadah juga bisa digunakan untuk melatih empati dan kasih sayang kita kepada saudarasaudara kita yang kurang mampu. Syukur kepada yang Maha Pengasih karena kita memiliki bulan Ramadhan yang mengajak kita untuk menyadari adanya orang-orang “lemah” yang berhak untuk memperoleh sedekah dan zakat. Bulan yang merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan menghiasi diri kita dengan sifat-sifat mulia. Sangat tepat jika ibadah puasa dalam bulan ini mempunyai andil besar dalam pembentukan rasa solidaritas tinggi kepada sesama makhluk. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan berharga untuk berbakti kepada orang tua, menyambung tali persaudaraan, memberi bantuan pada anak yatim dan fakir miskin, baik berupa material maupun spiritual. 

Sekali lagi kami ingin mengetuk hati dan mengajak member, rekan-rekan, dan para sahabat LM untuk bersama-sama berbagi kasih melalui program-program Yayasan Avicenna seperti yang telah disebutkan diatas. Kami dengan tangan terbuka bersedia menjadi tali kasih yang menghubungkan rekan-rekan dan para sahabat LM untuk berbagi kasih melalui Avicenna, kiranya kasih dan bantuan yang kita berikan merupakan bentuk cinta dan kasih sayang kita kepada saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan. Kami sangat berharap kegiatan berbagi kasih ini dapat memberikan sedikit kebahagiaan melalui perhatian dan kasih sayang kepada masyarakat tidak mampu, saudara-saudara kita yang merupakan member Avicenna Foundation.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk dana/uang cash dapat ditransfer pada nomor-nomor rekening di atas. Penutupan rekening kasih adalah tanggal 11 September 2009. Hasil dari sumbangan anda akan kami laporkan rutin di milis dan blogs LM. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang acara kunjungan kasih dan perkembangan sumbangan, silahkan mengunjungi blogs kami di  https://lovingmoms.wordpress.com/

Kami doakan Tuhan yang Maha Esa melimpahkan berkat dan kebahagiaan bagi semua tangan yang memberi dan hati yang mendoakan dengan tulus. Berbahagialah orang-orang yang masih bisa berbagi kasih dan berkat, yang berkenan memberi bantuan kepada saudara-saudara kita di Avicenna Foundation. 

Salam Kasih

Panitia Loving Moms Berbagi Kasih dengan Avicenna Foundation

Ketua:

Anggie bunda Fakhri

Bendahara: 

  • Rika mom Nadine & Nathan
  • Nia bunda Kayla
  • Yuli bunda Zidan & Naia

Sie Acara:

  • Satyo ibu Maia 
     

Moderator LM

  • Gerda mom Christabelle
  • Nia bunda Kayla

Loving Moms

Let’s Share Our Love With Everyone

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s