Proposal LM Berbagi Kasih dgn bayi, balita, anak2 @ Panti Balita Katolik Abhimata

 Salam sejahtera.

Bulan Desember telah tiba. Sebentar lagi kita melewati akhir tahun 2009. Alangkah indahnya jika  kita bisa mengakhiri tahun 2009 ini dengan berbagi kebaikan kepada sesama. Momen akhir tahun juga ditandai dengan perayaan Natal bagi umat Kristiani, yang biasanya dirayakan dengan berkumpul dan berbagi sukacita bersama keluarga. Namun di Panti Asuhan Balita Abhimata ada 13 bayi, 27 balita dan 30 anak TK – SD yang tidak berkesempatan merasakan indahnya siraman kasih dan pelukan hangat dari ayah bundanya. Anak-anak malang ini harus melewatkan masa kecilnya di Panti Asuhan.

Desember 2009, Loving Moms (LM) kembali terpanggil mengadakan acara amal peduli sesama, untuk berbagi kasih dengan orang-orang yang membutuhkan. Tentunya momen berbagi kasih dengan sesama merupakan milik semua orang tanpa memandang agama, suku dan golongan. Loving Moms memiliki visi untuk selalu berbagi kasih dengan semua orang telah membuktikannya melalui berbagai kegiatan amal peduli sesama lintas agama, suku dan golongan. Kasih dan kepedulian pada kemanusiaan berjaya meruntuhkan sekat-sekat perbedaan. 

Berangkat dari pemikiran kami sebagai kaum ibu tentang mainan, pakaian, buku, sepatu anak-anak member LM yang sudah tumbuh besar melewati masa balitanya ternyata cukup banyak yang masih layak pakai, namun hanya tersimpan di gudang, menunggu disumbangkan atau dijual online. Tercetuslah ide untuk menyumbangkan mainan, pakaian, sepatu, buku bayi – balita yang layak pakai tersebut kepada anak-anak di panti asuhan balita yang pasti sangat membutuhkan namun tidak tersedia karena keterbatasan biaya. Kami pun mulai mengumpulkan mainan, pakaian, sepatu, buku, yang layak pakai untuk disumbangkan kepada anak-anak di Abhimata.

Sekilas Abhimata

(Lebih lanjut bisa dibaca pada profile Panti terlampir)

Panti Asuhan Balita Abhimata.  Abhimata, berarti KASIH dan Mitrasamaya, berarti PERSAUDARAAN.

Panti  Asuhan Balita berlokasi di Bintaro menampung 13 bayi, 27 balita dan 30 anak TK – SD. Bayi, balita dan anak-anak yang diasuh berasal dari berbagai suku dan agama dan diserahkan ke Panti Asuhan Katolik ini karena berbagai alasan. Ada bayi yang terlahir dari hubungan diluar nikah, ada bayi yang ditemukan di jalan, ada bayi yang diserahkan karena ibunya tidak mampu membesarkan karena sangat miskin, ada bayi yang ditolak keluarga karena terlahir dari pasangan beda agama, ada bayi yang terlahir dari seorang ibu yang bekerja sebagai buruh kasar dan tidak punya biaya untuk membesarkan anaknya.

Karena itu izinkanlah kami, Loving Moms dengan segala kerendahan hati mengetuk hati bapak ibu saudara saudari semua, member LM, Sahabat LM untuk ikut berpartisipasi dalam acara LM berbagi kasih dengan Panti Abhimata dan sudilah kiranya mengajak orang-orang disekitar kita melakukan hal yang sama, agar semakin banyak kebahagiaan yang bisa kita bagikan dengan anak-anak di Panti Asuhan Balita Abhimata.

Sumbangan Barang

Barang dan Perlengkapan Bayi, Balita dan Anak-Anak Layak Pakai antara lain :

Mainan, Pakaian, Sepatu, Buku, Selimut, Bantal, Sepeda, Kereta Bayi, Meja Belajar, Ranjang Bayi, Meja Makan Bayi dan berbagai barang keperluan bayi, balita dan anak-anak.

Daftar kebutuhan sehari-hari Panti Abhimata : 

  • Sembako (beras, gula pasir, minyak, kecap, the celup, telur, mie instan)
  • Vitamin bayi, balita dan anak-anak : Enervonce,  Scott Emulsion, Vidoran, Madu
  • Susu bayi, balita dan anak-anak : Nutrilon Soya, Dancow Balita (1 plus, 2 plus)
  • Perlengkapan mandi : sabun, sampo, pasta gigi bayi, balita dan anak-anak
  • Baby Oil, minyak telon, minyak kayu putih
  • Perlengkapan kebersihan Panti : detergen, karbol, sabun krim, bayclin, tissue gulung

Posko Pengumpulan Barang Sumbangan

Mohon menghubungi Gerda Silalahi (gerdafs@yahoo.com) untuk konfirmasi pengiriman sumbangan

Sumbangan Cash

Meski tajuk acara berbagi kasih LM adalah menyumbangkan mainan, pakaian, sepatu, buku bayi dan balita layak pakai. Kami menerima dengan penuh syukur apabila ada donatur yang ingin menitipkan  sumbangan uang untuk diserahkan bagi keperluan panti.  Kami juga menerima dengan sukacita titipan dana untuk membeli barang sumbangan bagi keperluan bayi, balita dan anak-anak di Panti.

Sumbangan berupa uang dapat ditransfer ke rekening bendahara acara LM Berbagi Kasih dengan Panti Abhimata. Elis Tjoa mom Deven & Rui dan Tiesmin mom Marvel & Jeo.

 

PS : Setelah melakukan transfer, mohon konfirmasi ke Bendahara : Elis dan Tiesmin untuk keperluan cross check.

Laporan Dana dan Penutupan Rekening Kasih

Kami akan melaporkan update laporan dana dan barang sumbangan yang kami terima setiap hari di milis dan blog Loving Moms hingga penutupan rekening Kasih LM untuk Abhimata pada hari :  Kamis, 17 Desember 2009.

 Acara

Sumbangan yang terkumpul akan diserahkan pada acara LM Berbagi Kasih dengan Panti Asuhan Balita Abhimata. Kami mengundang dan sangat mengharapkan kesediaan bapak ibu saudara saudari untuk hadir pada saat acara untuk bersama-sama mengunjungi panti dan menyerahkan sumbangan, berbagi sukacita dan kebersamaan dengan anak-anak di Panti Asuhan Balita Abhimata.

Acara akan diadakan pada:

Hari, tanggal :  Jumat, 18 Desember 2009  Pukul :                 15.00 WIB hingga selesai

Tempat :              Panti Asuhan Abhimata

                                Jl. Mertilang IV Blok KA 2 No.31-37. intaro Jaya Sektor IX

Telepon :             74864418

 Penutup

Akhir kata, kami sangat mengharapkan dukungan dan doa dari member LM dan juga para donatur tercinta, Sahabat LM.  Acara berbagi kasih ini hanya akan terlaksana berkat dukungan dan doa dari bapak ibu saudara saudari semua. 

Sungguh alangkah indahnya bila kita semua bisa bergandengan tangan saling mendukung untuk berbuat baik, memberikan secercah kebahagiaan, meski hanya lewat mainan, pakaian, buku, sepatu layak pakai yang ternyata sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Mewakili 30 bayi dan balita di Panti Asuhan Balita Abhimata, 40 anak TK – SD, para suster dan pengurusnya, Loving Moms menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk setiap hati yang terketuk, setiap tangan yang terulur, setiap doa yang dipanjatkan bagi anak-anak tertolak, ditinggalkan dan terpaksa tinggal di Panti Abhimata. Kami berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan berkat dan kehabagiaan bagi donatur yang baik hati. Amen.

Salam kasih,

Panitia Loving Moms berbagi kasih dengan Panti Asuhan Abhimata

 Moderator :  Gerda Silalahi mom Christabelle & Nia Octaviani mom Kayla             

Bendahara :  Elis Tjoa mom Deven & Rui dan  Tiesmin mom Marvel & Jeo          

Sie Acara : Dera mom Keishia & Deo, Lia mom Gerrard & Gea,  Yannie mom Matthew & Jayson     

 

YAYASAN ABHIMATA MITRASAMAYA

(Didirikan pada tgl. 14 November 1996
dengan Akte No. 13, tgl. 14-11-1996)

* Abhimata, berarti KASIH
* Mitrasamaya, berarti PERSAUDARAAN

Sesuai dengan nama yang dipilih, maka karya pelayanan Yayasan berdasarkan pada visi: kasih dan persaudaraan.

 
 
 
 
 

PANTI ASUHAN ABHIMATA

Banyak keluarga yang mendambakan kehadiran anak, bahkan segala daya upaya akan dilakukan demi untuk mendapatkan keturunan. Berbahagialah anak-anak yang dilahirkan dari keluarga seperti ini.

Namun tidak sedikit keluarga yang menolak, tidak mengharapkan, atau tidak siap menerima kehadiran anak-anak dengan berbagai alasan, baik karena tekanan ekonomi, karena “kecelakaan”, merasa aib, belum siap menerima kehadirannya, dan sebagainya.

Apapun alasan mereka, penolakan tersebut berarti luka batin bagi bayi-bayi yang tidak berdosa. Sejak lahir bayi-bayi ini sudah harus mengalami penderitaan batin serta tidak memperoleh kasih sayang orang tua sebagaimana mestinya.

Untuk itu kami merasa terpanggil untuk memberi perhatian kepada anak-anak yang terlantar, dibuang, maupun tidak dikehendaki.

Panti Asuhan Abhimata yang didirikan pada tanggal 12 Maret 1998, memberikan tempat bagi mereka untuk berlindung, memperoleh kasih sayang, dan menyongsong hari depan yang cerah, seperti anak-anak lain tanpa membedakan suku bangsa dan agama.

Panti Asuhan Abhimata berlokasi di Jl. Mertilang IV Blok KA 2 No.31-37, Bintaro Jaya, Sektor IX.

Saat ini Panti Asuhan Abhimata menampung 70 anak : 

  • Usia sekolah (TK-SD) : 30 orang
  • Balita : 27 orang
  • Bayi : 13 orang

Anak-anak ini diasuh oleh 42 orang pengasuh.

Sumber: http://abhimata.diinter.net/

 

 

 

 
       

SEKELUMIT KISAH BAYI-BAYI DI PANTI ASUHAN ABHIMATA 

Ada yang ditemukan di pinggir jalan tergeletak bersama ibunya dalam kondisi sangat lemah, karena lapar dan letih. Si ibu yang ditinggalkan suami, berjualan sabun, odol, dsb. dari rumah ke rumah sambil menggendong bayinya. Setelah beberapa lama dirawat, si anak sehat kembali dan ibunya bekerja sebagai pelayan toko.Ada bayi dari desa di Bogor, ditolong dukun, namun karena kondisinya sangat miskin, bayi hanya diberi minum teh, waktu ditemukan, seluruh tubuh bernanah, bau amis dan sangat kurus, setelah dirawat dengan baik di panti, ia tumbuh dengan sehat, lucu dan cakep.Ada sepasang sejoli saling mencinta, namun karena perbedaan agama dan suku bangsa, kedua orang tua tidak merestui padahal hubungan sudah terlanjur jauh, hingga lahir seorang bayi mungil, orang tua tetap menentang, bahkan mengancam mau membunuhnya, terpaksa hubungan mereka putus, dan bayinya diserahkan untuk dirawat di panti.Ada seorang ibu hamil tua, sambil bercucuran air mata, berniat untuk menyerahkan bayi dalam kandungannya yang akan lahir beberapa hari lagi. Ibu ini seorang buruh cuci di perumahan dan sang suami seorang buruh bangunan yang sudah lama tidak mendapat pekerjaan lagi. Tiga hari kemudian si bayi lahir dan kami menjemputnya di rumah bidan. Kepada si ibu, kami minta untuk mencium bayinya, namun ibu ini tidak mau dan berkata, anak ini sudah bukan anak saya tapi sudah anak yayasan, lalu ibu ini pulang sambil meneteskan air mata. Kami terharu merasakan bagaimana perasaan si ibu harus berpisah dengan anak pertamanya karena tekanan ekonomi.

Masih banyak kasus lain, namun yang sangat memprihatinkan adalah bayi-bayi gagal aborsi. Selain mengalami gangguan physik juga mental, yaitu luka batin. Kelemahan physik tersebut bila tidak segera ditangani akibatnya fatal, tentu saja perlu biaya yang tidak sedikit.

TANGISAN IBU

(Dra. C. Nanik Purwoko)

Anakku,
Tiada satupun lelaki
mengaku ayahmu.

Anakku,
Sembilan bulan
engkau dalam rahimku,

Namun,
Aku tak mampu
menyusuimu.

Bahkan,
Kemiskinan dan ketidak berdayaanku
terpaksa menelantarkanmu.

Anakku,
Bukan maksudku membuang kamu
kepapaanku yang memisahkan kamu dariku.

Anakku,
Dengan selembar kain kumal
kuserahkan kamu
kepada Ibu-Ibu
yang mengasihi kamu
pengganti ibumu.

Anakku,
kamu lahir ke dunia tanpa dosa
tapi justru dosaku yang kamu sangga.

Anakku,
Aku tahu kamu merana,
hatimu luka.

Maafkan aku anakku!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s