Laporan Penyerahan Dana Kasih LM & Friends untuk Rumi

Dear Donatur,

Hari Minggu 4 Juli 2010. Rombongan Loving Moms (LM) yang terdiri dari Gerda mom Christabelle, Nia bunda Kayla & Natha, Yuno bunda Fara & Fira, Sisca bunda Davina dan Puti bunda Mayla & Abim berangkat ke Bandung untuk bertemu Rumi dan menyerahkan sumbangan atau Dana Kasih yang merupakan amanah dari LM & Friends. Dana Kasih telah terkumpul melalui Fund Raising selama satu bulan sejak 21 April – 21 Mei 2010 melalui mailing list LM di yahoogroup, blog LM di wordpress dan juga penyebaran proposal LM oleh member dan Friends LM.

Keluarga Rumi tinggal di daerah Rancabentang, Cimahi Selatan. Rumi yang berulang-tahun kedua pada bulan Mei lalu kami temui dalam keadaan sehat, lucu dan pintar.

Keluarga Rumi tinggal di rumah bapak ibunya Eka. Kami bertemu dengan bundanya Rumi, mom Eka yg sebelumnya sudah pernah bertemu di Jakarta ketika Eka berkonsultasi ke dokter Rumi. Kami juga bertemu ayah Rumi: Mas Andri, suami Eka. Rayan, 3.5 tahun kakak Rumi yang ganteng dan pemalu. Dan juga bertemu bapak ibunya Eka. Sejak pertama tiba di rumahnya, kami langsung mendapat kesan keluarga yang sederhana, muslim taat dan kental kekerabatannya.

Selama kami berbicara dengan Eka yang menceritakan kondisi terakhir Rumi, sesekali Rumi menghampiri ibunya sekedar minta diperhatikan bukan hanya oleh bundanya tapi juga oleh rombongan ibu LM. Ternyata Rumi senang sekali difoto, dia bisa pasang aksi jika tahu hendak difoto.

Penampilan fisik Rumi sekilas normal dan sehat, badannya cukup padat. Tapi jika diperhatikan lebih teliti, kepala Rumi terlalu kecil untuk badannya yang sekal dan padat. Ukuran kepalanya saat ini 41 cm setara dengan ukuran kepala bayi umur 8 bulan. Untuk seumur Rumi seharusnya 45 cm. Garis bekas operasi terlihat jelas di kepala Rumi karena rambutnya masih sedikit, sehingga sepintas kelihatan seperti anak laki. Kemampuan bicara Rumi juga cukup sesuai umurnya. Komunikasi dua arah dan cukup jelas pengucapannya.

Dari motoriknya. Rumi sudah lancar berjalan. Tapi jika diperhatikan lebih lanjut, terlihat sedikit kurang seimbang, terkadang oleng. Menurut Eka ini karena otak kecilnya yang tidak berkembang merupakan pusat keseimbangan dan kecerdasan. Tapi berkat kesungguhan dan ketelatenan Eka, hampir 100% fungsi otak kecil yang tidak bisa berkembang itu (karena sutura/ubun-ubunnya menutup terlalu cepat) berhasil diambil-alih oleh otak besarnya. Eka rutin melakukan segala jenis permainan dan aktivitas untuk merangsang otak besar Rumi bekerja mengambil alih fungsi otak kecil. Eka menyebutnya sebagai Mukjijat. Kalo boleh menambah, kami melihatnya juga sebagai buah kasih tak bersyarat dari seorang ibu  kepada anaknya.

Secara emosi, Rumi terlihat anak yang ceria bahkan cukup percaya diri. Dia nyaman berkali-kali datang ke orang yang baru dikenalnya. Bahkan mau digendong untuk berfoto bersama. Agak berbeda dengan Rayan, kakaknya yang sangat pemalu. Yang kami perhatikan, Rumi sedikit meluap emosinya jika ibunya tidak segera mengerti dan menuruti permintaannya. Bisa jadi ini kaitannya dengan kemampuan bicaranya di umurnya yang baru 2 tahun dan  nantinya semakin besar akan semakin baik sebagaimana anak lainnya.

Secara keseluruhan, kondisi Rumi normal. Bahkan untuk anak yang kondisi dan anatomi otaknya kurang baik, kondisi Rumi merupakan suatu keluar-biasaan, dimana Eka selalu mensyukurinya sebagai mukjijat.

Eka menceritakan panjang lebar dan lengkap dengan hasil CT Scan kondisi dan perkembangan Rumi. Seperti yang sudah dijelaskan di proposal LM, ubun-ubun atau sutura Rumi menutup terlalu dini sehingga otaknya tidak mempunyai ruang/space untuk berkembang. Belum genap 7 bulan Rumi sudah menjalani operasi pembukaan sutura depan dan atas. Namun ternyata beberapa bulan kemudian sutura itu menutup. Melalui CT Scan yang telah berkali-kali dilakukan, disimpulkan anatomi otak Rumi bukan anatomi yang baik. Dan hanya mukjijat yang menyelamatkan Rumi karena hanya sedikit sekali suturanya yang terbuka dan memberi Rumi kesempatan untuk terus hidup dengan normal.

Salah satu hasil CT Scan, terlihat tempat yang seharusnya berisi otak kecil di sebelah kanan bawah, diisi oleh cairan. Sebelumnya ditemukan lebih banyak cairan menyebar di beberapa tempat. Melalui terapi, cairan telah berkurang dan hanya tersisa di sebelah kanan bawah.

Sedianya Rumi dioperasi awal Juli 2010. Namun pihak RS mengundur jadwalnya karena masih perlu persiapan oleh tim dokter sambil juga menunggu tibanya plat untuk Rumi. Kepastian jadwal operasi akan disampaikan pihak RS pada bulan Juli, perkiraan operasi akan dilakukan bulan Agustus atau September awal. Saat ini sambil menunggu jadwal operasi, Rumi sedang menjalani tahan persiapan atau preoperasi. Rumi dijaga kondisinya agar tetap prima agar operasi berjalan sukses. Operasi termasuk skala besar karena juga dilakukan rekontruksi tulang tengkorak Rumi. Operasi diperkirakan berjalan sekitar 5 jam dengan masa pemulihan lebih dari 2 minggu.

Puji Tuhan, Alhamdulillah, total akhir Dana Kasih LM & Friends mencapai Rp. 68,938,019,-

Kepada Eka, mom Nia sebagai bendahara telah menyerahkan uang cash sebesar Rp. 5,000,000,- untuk keperluan preoperasi.

Sisanya sebesar Rp. 63,938,019,- ditransfer melalui klikbca. Foto penyerahan dana cash dan bukti notifikasi transfer dari klikbca terlampir.

Sejak penutupan rekening, Panitia Dana Kasih ingin segera menyerahkan dana kasih LM ke Rumi sebagaimana yang biasa dilakukan LM. Namun Eka meminta (bahkan saat LM di rumahnya) agar dana tersebut diserahkan pada saat Rumi sudah masuk Rumah Sakit.  Namun Panitia merasa lebih baik agar segera diserahkan karena dana tersebut merupakan titipan dan amanah dari donatur untuk keperluan Rumi, apalagi diketahui bahwa Rumi terus memerlukan biaya selama persiapan untuk konsultasi bolak balik Jakarta dan lainnya. Kami percaya sepenuhnya bahwa donatur telah iklas memberikan dana kasih Rumi bukan hanya untuk operasi Rumi, tapi juga untuk biaya persiapan dan paska operasinya.

Keluarga Eka menerima Dana Kasih tersebut dengan sangat terharu. Mewakili keluarga, Mas Andri – ayah Rumi menitipkan salam dan ucapan terimakasih sebesar-besarya kepada seluruh donatur LM & Friends. “Insya Allah, dana ini amanah. Akan kami pergunakan seluruhnya dan sebaik-baiknya untuk kepentingan dan operasi Rumi” katanya.

Saat rombongan LM pamit pulang, Rumi dan keluarga kami ajak foto bersama, tak diduga, Rumi langsung sedih hingga meneteskan airmata !!  Rumi terdiam di gendongan Eka dan tak mau mengangkat kepalanya, mukanya ditempel ke pundak bundanya sambil melihat rombongan LM, terutama kakak-kakaknya yang baru kenalan, anak-anak LM: Belle Kayla Mayla Davin Abim,  yang tadi asyik bermain dengan dia dan Rayan kakaknya. Meski dibujuk dengan mainan lego yang baru dia terima dari tetap sedih.  Hingga saat semua orang sudah meninggalkan rumahnya, dari kejauhan kami sangat terharu melihat Rumi tetap sedih dan memeluk bundanya.

Terima kasih donatur atas kasihnya kepada Rumi. Semoga Tuhan YME melimpahkan berkat dan kesehatan bagi semua yang telah berbaik hati berbagi kasih untuk masa depan Rumi, penderita Craniosysnostosis. Amin.

Panitia Dana Kasih LM & Friends untuk Rumi

  • Dewi Ginting bunda Icha dan Keya
  • Nia Octaviani bunda Kayla dan Natha
  • Gerda Silalahi mami Christabelle

 Lets Share Our Love With Everyone

On Mon, 7/5/10, klikbca@klikbca.com <klikbca@klikbca.com> wrote:

  • From: klikbca@klikbca.com <klikbca@klikbca.com>
  • Subject: Internet Transaction Journal
  • To: nia_octaviani@yahoo.com
  • Date: Monday, July 5, 2010, 7:09 PM

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas Internet Banking BCA.

Berikut ini adalah informasi transaksi yang telah Anda lakukan di Internet Banking BCA : 

  Tanggal  :   06/07/2010
  Jam  :  09:08:28
  Jenis Transaksi  :   TRANSFER KE REKENING BCA
  Rekening Tujuan  :   1391764561
  Nominal  :   Rp.63.938.019,00
  Berita  :   U/ RUMI
            
  Jenis Transfer  :   SEKARANG
  No. Referensi  :   B9FD0B96-3A4D-21FD-5D09-92BA5D9B8634
  Status  :   BERHASIL

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Bank Central Asia,Tbk
——————————————————————————

Thank you for using BCA Internet Banking.
We would like to inform you transactions you have performed for the following period :

  Date  :   06/07/2010
  Time  :   09:08:28
  Transaction Type  :   FUND TRANSFER TO BCA ACCOUNT
  To Account  :   1391764561
  Amount  :   Rp.63.938.019,00
  Remark  :   U/ RUMI
            
  Transfer Type  :   IMMEDIATE
  Reference No.  :   B9FD0B96-3A4D-21FD-5D09-92BA5D9B8634
  Status  :   SUCCEED

Hormat Kami,

PT. Bank Central Asia,Tbk

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s