Laporan LM & Friends Berbuka Puasa Bersama anak Rumah Kita dan Nurul Iman

Dear Donatur,

Loving Moms & Sahabat Loving Moms

Tidak ada habisnya untuk mengucap syukur kepada Allah SWT karena atas ridho dan ijinNYA lah, kami Loving Moms dapat bekerja di ladang amal yang dalam kesempatan ini di Bulan Suci Ramadhan 2011 menyelenggarakan Kunjungan Silaturahmi dengan anak-anak dhuafa penderita kanker di Rumah Kita dan Berbuka Puasa Bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Nurul Iman. Alhamdulillah, puji Tuhan acara berbagi kasih tersebut telah terlaksana dengan baik dan lancar. 

Tidak ada kata yang  tepat melukiskan perasaan syukur kami mendapat kesempatan untuk menyaksikan senyum ceria dan tawa bahagia anak-anak di Rumah Kita saat ber”goyang duyu” dan menyanyikan lagu “kasih ibu”. Anak-anak dibawah umur 14 tahun yang sebagian besar botak karena terapi kemo yang mereka jalani, masih bisa tertawa girang melihat tingkah lucu badut dan pesulap yang menghibur mereka ditengah kesakitan dalam tubuhnya yang tengah digerogoti penyakit kanker. Kami juga sangat tersentuh melihat senyum haru dari para orangtuanya yang tegar dan semangat berjuang demi kesembuhan anaknya, tak lupa wajah bahagia para pengurus yang telah sabar mendampingi anak-anak dan orangtuanya selama  singgah di Rumah Kita. 

Suara bening anak-anak Panti Asuhan Nurul Iman melafalkan shalawat, doa dan ayat Al-Qur’an tak lepas dari ingatan, demikian juga siraman rohani yang sederhana namun sangat menyejukkan dari Ummi, yang telah berusia 76 tahun namun terus setia mengurus 75 anak-anak yatim dan jalanan di rumah pribadinya yang sederhana dan sudah direlakan menjadi panti asuhan, rumah ini terletak di dalam gang sempit di pinggiran rel kereta api Manggarai.

Semua ini berkat dukungan dan sumbangan kasih dari semua donatur yang peduli. Mewakili anak-anak di Rumah Kita dan Panti Asuhan Nurul Iman, kami mengucapkan terima kasih atas kasih, cinta dan kepeduliannya untuk anak-anak Rumah Kita dan Nurul Iman. Dan juga atas kepercayaannya terhadap Loving Moms untuk menyalurkan titipan dana dari para donatur sekalian kepada mereka yang membutuhkan.  Terlampir laporan jalannya acara dan laporan dana bagi para donatur yang kami cintai. 

Sekali kami sampaikan dengan tulus dari hati terdalam: terima kasih yang sebesar-besarnya atas kasihnya untuk anak-anak ini. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa melipat gandakan berkat dan rizkiNya kepada para pemilik tangan yang telah terulur dan hati yang telah membagi kasih.  Amin.  

Salam kasih,

Atas Nama Panitia LM Berbuka Puasa Bersama Panti Asuhan Nurul Iman & Rumah Kita

Ketua :             Nia Octaviani

Bendahara :     Elis Tjoa & Melia Livita

Melihat wajah anak-anak itu ceria

serasa tamparan keras dimuka

tak tercermin sakit dan duka di wajah mreka

membuat diriku terkesima

 

Semangat anak-anak yang membara

membuat hatiku menjerit lara

ternyata jalan hidupku tak ada onaknya

namun… rasa syukurku masih seadanya

 

Ya Tuhan…

maafkan hamba yang masih berjiwa kerdil

merasa diri hebat ternyata hatinya kecil

 

Ya Tuhan…

pertemuan ini membuka mata hati kami

bahwa hidup tak untuk disesali namun tuk berbagi

Dewi Ginting bunda Icha & Keya

23 Agustus 2011

 

Semangat, senyum, sikap pantang menyerah dan optimis , serta doa menjadikan anak-anak Rumah Kita tetap bisa menjalani kehidupan mereka sehari-hari dan tidak menjadikan penyakit kanker sebagai suatu halangan untuk tetap hidup seperti anak-anak lainnya.

Begitupula dengan anak-anak di Panti Asuhan Nurul Iman,

Terlihat sangat ceria meski hidup tanpa kasih sayang orangtua, dan menjadikan Ummi sebagai orangtua yang mereka hormati. Ummi pun sangat menyayangi anak-anak asuhnya dengan penuh kasih, senyum dan sabar.

Berkunjung ke dua tempat ini sangat berkesan buat Mayla dan Abim. Terutama Abim, dia dapat bercerita tentang siapa saja yang dia temui di Rumah Kita.

Insya Allah kegiatan ini bisa menjadikan kita lebih dekat kepada Allah Swt.

Puti bunda Mayla & Abim

23 Agustus 2011

 

Kembali berkunjung ke anak-anak di Rumah Kita memberi getaran khusus di hati….

Bukan dari ritual sumbangan yang mereka akan terima tetapi kebahagiaan memberi sedikit keceriaan di hati mereka dengan hiburan-hiburan ringan….

Kesempatan yang tentu jarang mereka temui di sisa-sisa hidup mereka yang hanya sebentar…

Begitupun kebahagiaan yang kami rasakan saat menghibur anak-anak panti….

Thanks Loving Moms for sharing such unforgettable moments….

It’s priceless…

Yunorina Pariman bunda Fara & Fira

23 Agustus 2011

Sabtu, 20 Agustus 2011, rombongan Loving Moms (LM) yang terdiri dari: 

  • Nia Octaviani bunda Kayla & Natha
  • Elis Tjoa mom Deven & Rui
  • Gerda Silalahi mom Christabelle
  • Puti bunda Mayla & Abim
  • Yunorina bunda Fara & Fira
  • Tiesmin Simatupang mom Marvel & Jeo
  • Dewi Ginting bunda Icha & Keya

Kunjungan Silaturahmi ke Rumah Kita 

Pukul 16.00 WIB tiba di Rumah Kita, Jalan Percetakan Negara IX no. 3, Jakarta Pusat. Telp : 021 4243128. Rumah kontrakan bercat warna putih ini memiliki kondisi jauh lebih baik dan layak huni dibandingkan dengan rumah kontrakan mereka sebelumnya yang kecil didalam gang sempit tidak jauh dari rumah saat ini. Di depan rumah terdapat area bermain kecil dengan permainan anak-anak sumbangan dari donatur. Sebelum masuk rumah, tamu dan penghuni disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang telah tersedia.  

Di dalam ruang tamu, terpampang foto anak-anak penghuni Rumah Kita yang pernah dijumpai LM pada acara Berbagi Kasih tahun 2008. Namun beberapa diantaranya sudah meninggal akibat penyakit kanker yang diderita. Dari 300 anak yang tercatat pernah singgah di Rumah Kita sejak berdiri lebih dari 5 tahun lalu, 32 diantaranya telah meninggal. May the rest in peace.  

Kami disambut oleh Mbak Mercy, Ibu Inggrid dan Ibu Widi yang mengurus Rumah Kita. Dibantu oleh bapak-bapak dari Loving Moms dan Rumah Kita, akhirnya seluruh barang sumbangan telah dimasukkan kedalam Rumah Kita.

Alhamdulillah, dari sumbangan yang masuk, LM membawa sembako, peralatan kebersihan, goody bags untuk anak-anak, amplop untuk orangtuanya, bingkisan lebaran untuk pengurus Rumah Kita.

Tak lama kemudian Ibu Pinta Manullang, salah satu pendiri Rumah Kita (bersama Ibu Ira Soelistyo) bersama suaminya Bapak Sabar Manullang tiba sehingga acara dapat dimulai. 

Pada sore ini, anak-anak dari Rumah Kita 1 (di jalan Percetakan Negara) dan 2 (di daerah Slipi) bergabung untuk menyambut LM. Dari total 25 anak yang sedang menjalani perawatan jalan maupun menginap di RSCM dan Dharmais, ada 15 anak yang bisa hadir mengikuti acara, yang lainnya sedang terapi di Rumah Sakit. Hampir semua anak-anak dibawah 14 tahun.

Nur, umur 17 tahun yang menderita kanker leher menyebar ke tulang hingga saat ini tak mampu berjalan, berbicara dan terkadang sesak bernafas. Nur hanya bisa menggeleng dan mengangguk untuk menyatakan sesuatu.

Juga ada bayi yang baru berumur 17 bulan, menderita kanker pembuluh darah, yang mengakibatkan kaki kirinya harus diamputasi karena terjadi pembengkakan yang terus membesar dan mengeluarkan darah. Ayah kandung dari bayi perempuan malang yang berkulit putih ini meninggalkan dia serta ibunya sejak satu bulan yang lalu.

Banyak cerita-cerita sedih dan memprihatinkan dari anak-anak di Rumah Kita, karena mereka berasal dari kalangan tidak mampu, yang sebagian besar dari luar Jakarta datang ke RSCM dan Dharmais untuk berobat jalan (sinar/kemo/laser/operasi). Rumah Kita menampung mereka dan orangtuanya selama pengobatan dengan dikenakan biaya hanya Rp. 5,000,- / hari. Adalah kebaikan hati dari pada donatur yang setia memberikan dananya untuk bisa memungkinkan kelangsungan Rumah Kita.  

Acara dimulai dengan sambutan selamat datang kepada rombongan LM dari Rumah Kita. Setelah itu mom Gerda, moderator LM, memperkenalkan bahwa Loving Moms merupakan suatu komunitas ibu-ibu muda yang bertemu di dunia maya melalui mailing list. Dari yang awalnya hanya berdiskusi mengenai anak, member LM yang jumlahnya sekitar 100 orang didalam maupun luar Indonesia telah bersepakat untuk mengadakan acara-acara amal peduli sesama lintas agama, suku dan golongan secara rutin setiap tahunnya, saat lebaran maupun natal dan acara-acara lainnya.

Ditambahkan oleh bunda Nia, selaku Ketua Panitia Berbagi Kasih, tujuan penggalangan dana LM kali ini adalah mengunjungi dan bersilaturahmi dengan Panti-Panti / tempat-tempat yang sudah LM kunjungi sejak Ulang Tahun pertamanya yaitu tahun 2006. Dalam kesempatan ini, LM memilih Rumah Kita dan Panti Asuhan Nurul Iman. Rasa rindu yang mendalam kepada anak-anak di Rumah Kita, menjadi alasan utama untuk dikunjungi dalam acara Berbagi Kasih kali ini, meskipun anak-anak yang kita temui pada saat Ulang Tahun LM ke-3 (tahun 2008) hampir sebagian sudah meninggalkan kita terlebih dahulu. Singkatnya, ingin sekali menghibur anak-anak ini dan betapa bahagianya kami jika mereka bisa tersenyum dan tertawa ditengah-tengah perjuangan mereka menjalani pengobatan. Subhanallah tidak akan tergantikan oleh apapun juga. 

Selanjutnya anak-anak dari LM dan Rumah Kita bergantian mempersembahkan lagu “Kasih Ibu”  Anak-anak dari Rumah Kita menyanyikannya dengan gerakan tangan yang membuat makna lagu itu semakin dalam karena dinyanyikan kearah ibu-ibu mereka yang duduk didepan anaknya. 

Setelah itu anak-anak antusias menyaksikan om badut membuatkan magic balon dengan warna dan bentuk yang mereka suka.  Juga saat atraksi sulap menghibur mereka.  

Anak-anak Rumah Kita diminta berjoget dengan iringan lagu “Goyang Duyu”, tingkah lucu anak-anak ini sangat mengharukan ditengah perjuangannya. Terutama goyang Febi, anak perempuan 8 tahun yang menderita kanker mata sehingga kehilangan mata kirinya.  

Acara selanjutnya adalah penyerahan sumbangan. Anak-anak dari LM menyerahkan goody bags kepada anak-anak Rumah Kita.

Goody bags terdiri dari : handuk, botol minum, sikat gigi, pasta gigi, tissue basah dan tissue kering serta paket snack.  

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan amplop lebaran sebesar Rp. 300.000,- kepada para orangtua sebagai bantuan transport selama terapi anaknya. Terakhir diserahkan juga bingkisan lebaran kepada 7 orang pengurus Rumah Kita sebagai bentuk perhatian dan dukungan LM & Friends atas kasih yang telah mereka berikan kepada anak-anak Rumah Kita. 

Di akhir acara, Ibu Pinta Manullang menyampaikan terima kasihnya kepada LM & Friends atas perhatian dan kasihnya untuk Rumah Kita. Ibu Pinta berharap dukungan dan perhatian bagi anak-anak di Rumah Kita 1 dan 2 terus diberikan dan berdoa kiranya para donatur : LM & Friends mendapat rejeki yang berlipat ganda. Ibu Pinta menginformasikan bahwa Puji Tuhan, Alhamdulillah di usianya yang belum genap 6 tahun, Rumah Kita akhirnya berhasil membeli tanah di dekat Rumah Kita 1 untuk dibangun rumah permanen bagi Rumah Kita, yang selama ini mengontrak. Rumah Kita yang sudah mulai dibangun terletak di jalan yang sama nomor 10 diharapkan bisa menampung 25 anak. Tanahnya dibeli dari dana sumbangan donatur-donatur Rumah Kita yang peduli. 

Saat tiba waktunya berpamitan, rasa haru kembali menyeruak menyaksikan keceriaan anak-anak dan semangat orangtuanya. Kiranya Tuhan Yang Maha Baik terus menjaga dan melindungi mereka, dan mengetuk lebih banyak lagi donatur untuk membantu kelangsungan Rumah Kita.  Amin.

 

 

 

 

 

LM Berbuka Puasa Bersama anak-anak Panti Asuhan Nurul Iman

Rombongan tiba di Panti Asuhan Nurul Iman yang terletak di gang kecil di pinggiran rel kereta api Manggarai jalan Menteng Raya RT 002/ 010 no. 11 Telp : 021 3919655 pada pukul 17.30 WIB. Telah menanti lebih dari 50 anak-anak penghuni panti bersama para pengurus dan pendirinya : Ummi. LM mengunjungi Nurul Iman pada tahun 2006, di ulang tahun pertama LM.  Keadaan rumah masih sederhana, dengan cat hijau serta ruangan yang dibiarkan kosong untuk tempat anak-anak belajar mengaji setiap hari. Atap rumah sederhana ini sempat roboh di tahun 2006 karena tiupan angin.  

Untuk memulai acara, Ummi memberikan tausyiah mengenai makna Ramadhan dan berbagi dengan mereka yang kurang mampu, bahwa berbagi bukan hanya kepada saudara yang seiman, namun juga berbagi kepada sesama sebangsa yang membutuhkan. Ummi mendoakan agar LM dilimpahi rizki bersama para donaturnya dan tidak meninggalkan dan melupakan Nurul Iman di masa mendatang. Berulang kali Ummi menghimbau; “Ayahanda dan Ibunda jangan tinggalkan anak-anak di Nurul Iman, kami semua anak-anakmu. Siapa lagi yang akan memperhatikan kami, jikalau bukan ayahanda dan ibunda?” 

Tepat pukul 18.00 WIB acara berbuka puasa bersama dimulai. Selepas hiburan badut dan magic ballon, LM menyerahkan sumbangan yang telah disiapkan. Anak-anak Nurul Iman berbaris teratur menerima goody bags yang terdiri dari : mukena bagi anak perempuan dan sarung untuk anak laki-laki, serta paket snack dan amplop lebaran senilai Rp. 25.000,-/anak.

Juga diserahkan bantuan sembako kepada Panti yang diterima oleh Ummi dan kepada 5 pengurus diserahkan bingkisan lebaran yang terdiri dari : kue-kue lebaran, baju gamis dan amplop lebaran sebesar Rp. 250.000,- 

Nia, sebagai ketua Panitia menyampaikan bahwa panitia menggalang dana bukan hanya dari member LM, tapi juga dari Sahabat LM yang berkenan menitipkan bantuannya melalui Loving Moms. Nia berharap sumbangan yang diserahkan bisa bermanfaat bagi anak-anak Panti. 

Selanjutnya pukul 19.00 WIB anak-anak Nurul Iman akan menggelar pengajian, LM pun berpamitan dengan membawa kenangan akan suara bening anak-anak Nurul Iman dalam melafalkan doa-doa dan ayat-ayat Al-Qur’an di dalam ingatan.

 

LAPORAN DANA

Total dana yang masuk ke rekening LM Berbagi Kasih dengan Rumah Kita dan Panti Asuhan Nurul Iman per tanggal 20 Agustus 2011 adalah sebesar Rp. 29.600.000,-

Dua Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Ribu Rupiah. (detail laporan dana terlampir).

 

Alhamdulillah … Puji Tuhan

Terima-kasih untuk kasih, cinta dan kepeduliannya kepada anak-anak di Rumah Kita dan Nurul Iman. membutuhkan bantuan. Terima kasih untuk member LM, sahabat LM, keluarga LM yg telah berpartisipasi. Semoga Allah memberi balasan yang berlipat dan berkah atas rejeki yang ada. Amin.

 

Let’s share our  love with everyone

 

Panitia

Loving Moms Berbagi Kasih di bulan Ramadhan 2011

 

Ketua :  Nia Octaviani bunda Kayla & Natha

Bendahara :

  • Elis mom Deven & Rui
  • Melia mom Alexa & Kei, Surabaya

Sie Acara :

  • Puti bunda Mayla & Abim
  • Yuno bunda Fara & Fira

 

LAPORAN PENERIMAAN DANA (CASH)

LM Berbagi Kasih di bulan Ramadhan 2011 * per 20 Agustus 2011

 

Total di Rek BCA atas nama Elis :      Rp. 22.800.000,-

Total di Rek Mandiri atas nama Melia Livita Lilingpadang:      Rp. 5.300.000,-

 

Total Dana Kasih LM & Friends  :    Rp. 28.100.000,-

Sumbangan Cash Lainnya (*) :         Rp.   1.500.000,-        

Grand Total Dana Kasih LM & Friends :   Rp. 29.600.000,-

 

 

PENERIMAAN SUMBANGAN NON CASH

 

  • 6 pcs Baju Lebaran dari Anggie bunda Fakhri & Farhan untuk pengurus Nurul Iman
  • 2 karung Beras dari keluarga Evi Nancy Siagian teman mom Gerda
  • 3 karung Beras dari Victoria (di Australia) teman mom Elis
  • Biskuit dan Sereal dari Victoria (di Australia) teman mom Elis untuk Nurul Iman

 

PENERIMAAN SUMBANGAN CASH LAINNYA (*)

 

  • Rp. 1.000.000,- dari Victoria (di Australia) teman mom Elis, untuk dana operasional Rumah Kita dan Nurul Iman (@ Rp 500.000,-) diberikan langsung oleh mom Elis ke Ibu Pinta Manullang dan Ummi.
  • Rp. 500.000,- dari Rachmad, teman mom Dewi (ditransfer ke rekening Ummi Nurul Iman Senin, 22 Agt 2011 karena diberikan setelah acara Berbagi Kasih selesai dilaksanakan).


RINCIAN PENGELUARAN (CASH)

LM Berbagi Kasih di bulan Ramadhan 2011 * per 20 Agustus 2011

 

A. Nurul Iman      
       
Mukena SD

20

 Rp                            51,000.00  Rp                       1,020,000.00
Mukena tanggung

20

 Rp                            40,000.00  Rp                           800,000.00
Jilbab

20

 Rp                            15,000.00  Rp                           300,000.00
Sarung SD

20

 Rp                            40,000.00  Rp                           800,000.00
Sarung dewasa

21

 Rp                            45,000.00  Rp                           945,000.00
Nasi Box

90

 Rp                            20,000.00  Rp                       1,800,000.00
Tajil

90

 Rp                              3,500.00  Rp                           315,000.00
Sembako      Rp                       2,229,250.00
THR Umi      Rp                           500,000.00
THR 5 Pengurus

5

 Rp                         250,000.00  Rp                       1,250,000.00
THR anak-anak

80

 Rp                            25,000.00  Rp                       2,000,000.00
Goodies snacks

80

 Rp                            10,000.00  Rp                           800,000.00
Goodies Pengurus

6

 Rp                            90,740.00  Rp                           544,440.00
 

 

   
       Rp            13,303,690.00
       
B. Rumah Kita      
       
Goodies anak-anak:      
1. Handuk

25

 Rp                            26,550.00  Rp                           663,750.00
2. Botol minum Princess

12

 Rp                            16,000.00  Rp                           192,000.00
3. Btl minum tupperware

13

 Rp                            14,700.00  Rp                           191,100.00
4. Sikat Gigi Kodomo

25

 Rp                              3,372.00  Rp                             84,300.00
5. Odol

25

 Rp                              4,190.00  Rp                           104,750.00
6. Tissue

25

 Rp                              6,490.00  Rp                           162,250.00
7. Tissue Basah Mamy Poko

23

 Rp                            10,090.00  Rp                           232,070.00
8. MITU Tissue basah

2

 Rp                            11,990.00  Rp                             23,980.00
9. Pampers

1

 Rp                            33,850.00  Rp                             33,850.00
10. Paket Zwitsal

1

 Rp                            47,650.00  Rp                             47,650.00
 

 

   
Tajil

70

 Rp                              3,500.00  Rp                           245,000.00
Nasi Box

70

 Rp                            20,000.00  Rp                       1,400,000.00
THR anak-anak

25

 Rp                         300,000.00  Rp                       7,500,000.00
Goodies Pengurus

7

 Rp                            82,447.00  Rp                           577,129.00
Sembako

 

   Rp                       1,729,250.00
Goodies snacks

25

 Rp                           10,000.00  Rp                           250,000.00
 

 

   
 

 

   Rp                     13,437,079.00
 

 

   
B. Lain-lain      
       
Magic Ballons + sulap      Rp                           900,000.00
Bags goodies anak-anak

105

 Rp                              2,500.00  Rp                           262,500.00
Bags goodies pengurus

13

 Rp                              4,000.00  Rp                             52,000.00
       
       Rp                       1,214,500.00
       
       
     Dana  Rp     28,100,000.00
     Grand Total Pengeluaran  Rp     27,955,269.00
     Sisa  Rp            144,731.00
    Transfer ke rekening Umi 22/8/2011
       Rp     28,100,000.00

 

 

REKAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN

LM BERBAGI KASIH di BULAN RAMADHAN 2011

SABTU, 20 Agustus 2011

 

Total Penerimaan        Rp. 28.100.000,-

Total Pengeluaran       Rp. 27.955.269,-

                                      Rp.    144.731,- *SALDO (DITRANSFER KE REKENING UMMI/NURUL IMAN)

 

DILAPORKAN OLEH :

Ketua               Nia Octaviani

Bendahara 1   Elis Tjoa

Bendahara 2    Melia Livita

 

 

Moderator Loving Moms

Gerda Silalahi mom Christabelle

Nia Octaviani bunda Kayla & Natha

 

  

     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s