Proposal Loving Moms & Friends Berbagi Kasih untuk Khitanan Massal Anak Dhuafa

PENGANTAR

Dear Loving Moms dan Teman, Saudara & Sahabat LM

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

2012 telah melangkah dengan cepat melewati sebagian dari perjalanannya. Telah banyak kisah, pengalaman dan pelajaran hidup tersaji bergantian di hadapan kita, untuk kita sekedar lewati, untuk kita perjuangkan atau juga yang kita maknai dengan dalam. Mungkin sebagian dari kita telah mampu menyelesaikan dan mewujudkan berbagai rencana, cita-cita dan karya hidup di tahun 2012.

Begitu juga dengan Loving Moms (LM) yang mempunyai banyak mimpi dan cita-cita untuk mewujudkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia khususnya kepada saudara-saudara yang membutuhkan tanpa membedakan agama, suku dan golongan. Para ibu, member LM memiliki kerinduan untuk kembali menghayati getaran haru demi menyaksikan kebahagiaan yang tulus dan murni dari saudara-saudara kita saat mereka menerima bantuan yang sangat mereka butuhkan. Kerinduan untuk merasakan kembali keistimewaan menjadi saksi indahnya cinta dalam balutan kebersamaan dan kepedulian.

Berawal dari obrolan ringan diantara kami para ibu, member LM tentang pentingnya sunat/khitan/sirkumsisi untuk kesehatan anak laki-laki, dimana salah satu manfaatnya adalah untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran serta penyebab penyakit yang mungkin melekat, dan juga untuk mencegah berbagai penyakit seperti fimosis, parafimosis, kandidiasis, serta tumor ganas dan pra ganas pada daerah alat kelamin laki-laki. Dimana bagi umat Muslim laki-laki adalah wajib hukumnya untuk disunat.

Kamipun membahas fakta bahwa masih banyak anak laki-laki yang belum mendapatkan kesempatan untuk disunat karena berasal dari golongan tidak mampu, yang sehari-harinya orangtua mereka harus berjuang untuk sekedar makan dan bertahan hidup. Tergerak dari fakta ini, Loving Moms terpanggil untuk mengupayakan cara agar anak–anak dhuafa ini mendapat kesempatan untuk disunat demi kesehatan dan memenuhi kewajiban agamanya.

LM kembali mengadakan penggalangan dana kasih yang akan diadakan pada tanggal 20 Maret – 20 April 2012 dengan membuka Rekening Kasih LM untuk Khitanan Massal. Insya Allah, dengan seizin Tuhan YME pada tanggal 1 Juli 2012 pada saat liburan sekolah, Loving Moms akan menyelenggarakan kegiatan “LM Berbagi Kasih untuk Khitanan Massal Anak Dhuafa”.

Karena itu kami dari Loving Moms dengan kerendahan hati mengajak semua teman, saudara dan sahabat Loving Moms untuk ikut berbagi, turut peduli dan berkenan memberikan dukungan dalam bentuk materiil dan moril agar anak-anak dhuafa ini mendapat kesempatan disunat. Lebih lanjut tentang detail rekening, detail acara dan kebutuhan acara dapat dibaca pada proposal terlampir.

Atas perhatian, kasih, bantuan dan dukungannya kami haturkan terima-kasih yang sebesar-besarnya. Kiranya Tuhan YME akan melipat–gandakan rizki, berkat dan rejeki kepada semua teman, saudara dan sahabat LM. Amin.

LOVE IF YOU CARE and CARE IF YOU LOVE

Tunjukkan cintamu jika peduli & Tunjukkan kepedulianmu jika cinta

************************

LOVING MOMS BEKERJASAMA DENGAN PORTALINFAQ

Untuk mewujudkan rencana khitanan massal yang akan didanai oleh Loving Moms & Friends (para donatur LM), maka pada kesempatan ini LM mengajak Portalinfaq, sebuah lembaga amil pengelola zakat yang reputasinya telah dipercaya dan selama ini telah rutin mengadakan khitanan massal bagi anak-anak dhuafa. Portalinfaq akan membantu LM dari mulai mencari anak yang akan disunat (yang memenuhi kriteria dhuafa) dari database Portalinfaq hingga pada saat pelaksanaan acara pada hari H yaitu menghubungi para dokter dan tenaga medis yang akan melaksanakan sirkumsisi.

PROFILE PORTALINFAQ

Portalinfaq didirikan pada 17 Mei 2001, sebagai sebuah lembaga amil pengelola zakat, infaq dan shadaqah yang diniatkan sepenuhnya untuk membantu kepentingan umat. Pendirian ini didasari dengan semakin memburuknya tingkat kemiskinan di Indonesia, pengangguran dan anak-anak putus sekolah  semakin meningkat drastis. 

Bernaung di bawah Yayasan Portalinfaq, para pendiri atau Dewan Pendiri yang antara lain : Widita Sardjono, Nur R. Achmad, Larasati T. dan Myrnie Zachraini, menyadari bahwa Zakat, Infaq dan Shadaqah merupakan salah satu instrument untuk memerangi kondisi bangsa yang semakin terpuruk karena kemiskinan khususnya masalah kesehatan dan pendidikan dan juga selama ini dirasakan pemanfaatan / pendistribusian zakat belum optimal atau belum  tepat  sasaran. 

Dengan menggunakan teknologi internet, Portalinfaq hadir untuk memberikan terobosan dalam pengelolaan zakat dan infaq dengan menyediakan segala informasi yang berhubungan dengan zakat dan infaq tersebut khususnya bagi Muzakki (pembayar zakat).

Visi Portalinfaq adalah:

Membentuk jaringan

  1. Jaringan Muzakki (pembayar zakat)
  2. Jaringan Amil
  3. Jaringan Mustahiq (penerima zakat)

Memberdayakan Umat

  1. Memberdayakan mustahiq sehingga harkat hidupnya naik dan pada akhirnya bertransformasi dari penerima zakat menjadi pemberi zakat.
  2. Memberdayakan amil dalam memperbesar jangkauannya dan meningkatkan professionalismenya.
  3. Memberdayakan muzakki sehingga muzakki dapat berpartisipasi nyata dalam perang melawan kemiskinan dan membawa hasil yang optimum.

Portalinfaq secara rutin dan konsisten membantu menyalurkan zakat dan infaq kepada kaum dhuafa lewat berbagai kegiatan. Kegiatan rutin Portalinfaq antara lain:

  • Santunan
  • Pendidikan
  • Pembangunan Perbaikan Fisik
  • PembinaanUmat
  • PenanggulanganBencana
  • Kesehatan

Untukmengetahui lebih jelas mengenai Portalinfaq, silahkan mengunjungi websitenya www.portalinfaq.net

Alamat  Yayasan Portalinfaq:

Jl. Radio IV No. 8A 
KebayoranBaru, Jakarta Selatan 12130 
Indonesia 
Telp.+62-21-7278-6073 +62-21-925-3472 
Fax.+62-21-7278-6074 
Kontak: Faizaluddin – Operation Manager

 ************************

LM & FRIENDS BERBAGI KASIH UNTUK KHITANAN MASSAL ANAK DHUAFA

Wujud kepedulian Loving Moms melalui khitanan missal ini Insya Allah, rencananya akan ditujukan bagi 100 anak-anak kaum Dhuafa di daerah Cilincing.

Sebagian besar anak dhuafa yang menjadi target kegiatan ini hidup di daerah Cilincing, mereka berasal dari keluarga yang orangtuanya berprofesi sebagai pemulung, buruh kuli bangunan dan banyak pula yang hanya pengangguran. Hasil kerja keras mereka hanya mampu menutupi biaya hidup sehari – hari, itupun masih sangat  berkekurangan. Mereka hidup dalam kondisi prihatin, bahkan tak jarang anak–anak ini terpaksa putus sekolah karena diajak untuk ikut memulung demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Disini kita melihat, bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-haripun mereka sudah sangat kesulitan, maka khitan atau sunat bagi anak laki–laki dari kalangan ini menjadi hal yang mewah dan sulit dijangkau. Disinilah kita, yang adalah saudara bagi anak–anak ini berperan lewat kepedulian yang nyata bagi mereka. Uluran kasih dari kita semua akan membantu mereka untuk mendapat kesempatan  dikhitan.

SUSUNAN ACARA

Hari & tanggal : Minggu,  1 Juli 2012

Pukul : 9.00 WIB – 13.00 WIB

Acara :

  • Sambutan Loving Moms, Pihak Portalinfaq, Lurah / Camat  setempat
  • Pelaksanaan acara inti Sunatan oleh dokter dan tenaga medis
  • Hiburan (badut, sulap, games) untuk anak-anak yang sedang menunggu giliran
  • Pembagian bingkisan bagi anak-anak yang telah disunat

KEBUTUHAN DANA 

No.

Keterangan

Jumlah

Harga @

Total Harga

1. Biaya Sunat   (dikerjakan oleh  + 10 dokter)

100 anak

250.000

25.000.000

2. Santunan

100 anak

100.000

10.000.000

2. Sewa Meja, Tenda & Kursi    

 3.500.000

3. Perlengkapan (Bilik, Meja, alas , dll)    

 5.500.000

4. Penceramah    

  500.000

5. Konsumsi (anak-anak , 1 pendamping , dokter dll)

250

20.000

5.000.000

6. Hiburan (Badut + Sulap + games)

 

 

1.500.000

        Total dana yang dibutuhkan                    Rp 51.000.000,-

 

BENTUK SUMBANGAN

Untuk mewujud-nyatakan kepedulian dan kasih kepada anak-anak dhuafa ini, agar kiranya dapat memberikan kelegaan hati bagi para orangtuanya, demi kesehatan anak-anak ini dan demi terpenuhinya kewajiban agamanya. Maka, didasarkan pada rasa cinta dan kemanusiaan kita terhadap sesama makhluk yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Loving Moms mengajak para saudara, teman, sahabat LM agar berkenan untuk mengulurkan tangan dengan menyisihkan sedikit dari rejeki yang dipunyai untuk berbagi kasih melalui sumbangan kasih LM dengan detail sebagai berikut :

SUMBANGAN BERUPA DANA (SUMBANGAN CASH)

LM membuka Rekening Kasih untuk kepentingan pengumpulan dana kasih dari para donatur, sahabat, teman, dan saudara Loving Moms untuk terlaksananya Khitanan Massal Anak Dhuafa. Pengumpulan dana akan diselenggarakan selama 1 bulan, yakni 20 Maret 2012 sampai dengan 20 April 2012.

Bendahara Loving Moms untuk acara ini merupakan Bendahara Ad Hoc sebagaimana biasa kepanitiaan LM selalu ad hoc. Kami menyalurkan seluruh sumbangan yang masuk dalam bentuk cash maupun barang langsung kepada penerima bantuan saat acara.

Rekening BCA Atas Nama D. Sanita Laviani

 

Rekening BCA Atas nama  Elis

 

Rekening Mandiri Atas nama Intan Mustika Anggraeni

 

Keterangan:

Apabila sudah melakukan transfer, mohon konfirmasinya dengan mengirimkan sms ke pemilik rekening yang dituju. Hal ini untuk keperluan cross check dan transparansi. Update dana akan selalu dilaporkan melalui milis LM di yahoogroup dan melalui blog LM di alamat http://www.lovingmoms.wordpress.com

SUMBANGAN BERUPA BARANG (SUMBANGAN NON CASH)

Selain kebutuhan dana, kami dengan senang hati menerima sumbangan yang berbentuk barang atau non cash. Sesuai dengan kebutuhan anak-anak ini, maka kami mengharapkan barang yang disumbang dapat berupa:

  • Baju Koko untuk 100 anak
  • Sarung anak – anak, jumlahnya 100 pcs
  • Peci untuk 100 orang anak
  • Makanan kecil/snack  untuk dibagikan kepada anak-anak
  • Bingkisan untuk anak-anak (peralatan sekolah)
  • Sembako yang nantinya akan disalurkan lewat Portalinfaq

PENUTUP

Demikian proposal ini kami siapkan. Jika ada pertanyaan maupun saran demi terselenggaranya acara ini, mohon agar menghubungi panitia. Mewakili anak-anak dhuafa yang akan mendapat kesempatan disunat atas bantuan para donatur, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Kami tulus menaikkan doa kiranya berkat, kasih dan rizkinya akan dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada semua hati yang telah terketuk untuk berbagi kasih.  Amin YRA.

Pada akhirnya, sekecil apapun yang akan dan telah kita berikan kepada orang-orang yang membutuhkan, bagi mereka hal itu menjadi limpahan berkat yang luar biasa mewahnya. Sedikit dari kita, besar artinya bagi mereka.

 

Panitia LM & Friends Berbagi Kasih untuk Khitanan Massal Anak Dhuafa

Ketua Panitia:  Melia Livita L. mom Roxanne-Jayden

Wakil Ketua:    Nia Octaviani bunda Kayla & Atha

Bendahara:     

  • Dewi Ginting bunda Icha & Keya
  • Anggie Mokoginta bunda Fakhri & Farhan
  • Elis Tjoa mom Deven & Rui

Ketua Acara:  

  •  Puti Noviyeletty bunda Mayla & Abim
  •  Yunorina Pariman bunda Fara & Fira

Moderator LM:

Gerda Silalahi mom Christabelle & Nia Octaviani bunda Kayla and Atha

 

Loving Moms,

Let’s Share Our Love With Everyone

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s