Proposal LM & Friends Berbagi Kasih dengan Anak Rumah Singgah Betlehem di TPST Bantar Gebang

Dear Loving Moms dan Sahabat LM yang tercinta, Salam sejahtera!

Tidak terasa, sebelas bulan sudah kita lewati di tahun 2012 ini dengan penuh ucapan syukur atas segala kasih, kesehatan, berkat dan anugerah yang diberikanNya melimpah pada kita.

Sebelum tahun yang penuh sukacita ini berganti, alangkah indahnya bila kita dapat melewati tahun ini dengan berbagi kebahagiaan, sukacita, kebaikan kepada sesama kita yang hidupnya kurang beruntung.

Desember 2012 ini, kami Loving Moms (LM) terpanggil untuk mengajak anak-anak dari Rumah Singgah Bethlehem yang berlokasi di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang untuk dapat merasakan berbagai permainan edukatif di Kidzania.

 Mimpi dan harap kami melalui momen ini, permainan permainan profesi yang ada di Kidzania, akan membuat anak-anak ini bergembira bersama teman-teman di tempat yang berbeda dari keseharian mereka, bersemangat menjalani hidup mereka, memiliki cita-cita setinggi mungkin dan termotivasi untuk mewujudkannya dengan tekun, rajin belajar dan berprestasi di sekolah dengan segala keterbatasan yang ada pada kehidupan mereka.

Adapun Rumah Singgah Bethlehem di TPST Bantar Gebang menampung anak-anak dari usia balita sampai remaja, serta ibu-ibu dari berbakai suku dan agama, mereka mengikuti berbagai kegiatan dengan jadwal yang sudah diatur dan dipandu oleh para sukarelawan  yang dengan ikhlas tanpa pamrih mengajar dan mendidik anak-anak di tempat ini.

Mereka hidup diantara tumpukan sampah yang menggunung, sampah-sampah yang berasal dari segala penjuru kota Jakarta, Bekasi, Bogor dan sekitarnya. Udara dengan aroma tidak sedap menjadi sumber oksigen mereka, rumah petak (bedeng) dengan sanitasi yang ala kadarnya menjadi bagian hidup mereka. Namun segala keterbatasan yang ada, anak-anak kecil yang kami temui dan sapa saat itu masih bisa tersenyum malu dengan mata penuh binar dan keluguan menjawab pertanyaan kami.

Rumah Singgah Bethlehem yang kami kunjungi saat survey cukup bersih, aroma pengharum lantai dan air yang tersisa menunjukkan rumah itu baru saja dibersihkan, namun di rumah itu tidak kami jumpai mainan anak-anak didalam maupun diluar rumah, buku-buku bacaan anak-anak dan lemarinya pun tidak ada sama sekali. Televisi dan lemari pendingin yang sudah rusak hanya menjadi hiasan dalam ruangan karena tidak berfungsi lagi.

Atas dasar itulah izinkanlah kami, Loving Moms, dengan kerendahan hati mengetuk hati bapak, ibu, saudara, saudari semua, member LM, sahabat LM untuk dapat berpartisipasi dalam acara LM Berbagi Kasih dengan Anak-Anak Rumah Singgah Bethlehem di TPST Bantar Gebang dengan memberikan sumbangan berupa materi maupun barang-barang yang mereka perlukan untuk dipergunakan dalam keseharian mereka. Sumbangan juga dapat berupa sembako atau alat-alat kebersihan untuk kebutuhan keseharian mereka. Serta sudi kiranya dapat mengajak kerabat/handai taulan di sekitar kita untuk melakukan hal yang sama, agar semakin banyak kebahagiaan yang bisa kita bagikan kepada anak-anak di Rumah Singgah TPST Bantar Gebang.

Loving Moms memiliki misi untuk selalu berbagi kasih, menjadi perpanjangan berkat bagi sesama tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan, dan telah membuktikannya melalui kegiatan-kegiatan amal selama 7 tahun ini.  Kami percaya kasih dan kepedulian pada kemanusiaan mampu meruntuhkan sekat-sekat perbedaan.

Laporan Survey

Pada hari Sabtu 3 November 2012 tim dari Loving Moms melakukan survey ke Rumah Singgah Betlehem yang berlokasi di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) atau dahulu dikenal dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi. Diiringi hujan rintik-rintik, tim kecil yang terdiri dari mom Tiesmin, mom Nia dan mom Gerda tiba pada pukul 10.00 di lokasi yang beralamat di Kampung Ciketing Udik Timur, RT 03/05, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi.  

Tak lama setelah melewati pintu utama TPST Bantar Gebang, kami mulai melewati tumpukan dan gunung-gunung sampah di kanan kiri jalan, sampah yang berasal dari berbagai tempat di Jakarta, Bogor, Bekasi.  TPST Bantar Gebang sangat luas, informasinya sekitar 110 hektar. Jalan masih bisa dilalui oleh mobil, namun aroma tidak sedap mulai tercium meski kaca mobil tidak diturunkan. Kami berhenti di beberapa titik untuk mengambil beberapa foto. Saat kaca mobil diturunkan, aroma sampah langsung menyeruak ditambah dengan puluhan lalat dan lalar hijau beterbangan kesana kemari.

Kami tiba di persimpangan, ke kanan menuju arah Rumah Singgah, sementara ke kiri terlihat area yang sangat becek dan berlumpur yang menuju ke area Bulog – demikian sebutan area tempat sampah basah diolah. Rumah Singgah Betlehem dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Suluh terletak di pinggir TPST Bantar Gebang, sehingga areanya masih lebih kering. Meski demikian, pemandangan yang tersaji tidak bisa disebut lebih baik karena gunung-gunung sampah di kanan kiri, rumah petak sederhana (lebih tepat disebut bedeng-bedeng, rumah darurat) berada diantara sampah-sampah tersebut dengan kondisi sangat memprihatinkan.

Tak lama kemudian kami tiba di Rumah Singgah Betlehem dan PAUD Suluh. Dua bangunan yang terletak di dalam satu lokasi ini merupakan satu-satunya bangunan permanen karena rumah-rumah di sekitarnya yang terbuat dari kayu dan bedeng-bedeng. Secara keseluruhan keadaan Rumah Singgah jauh lebih baik meski ceiling di PAUD masih memakai rumbia. 

Kami disambut oleh Ibu Greta, pengurus Rumah Singgah yang sudah menunggu kami sambil memainkan gitarnya. Ibu Greta selain memberi pelajaran melalui kursus-kursus di Rumah Singgah Betlehem, secara rutin setiap senin dan selasa mengunjungi pos-pos cabang Rumah Singgah di dalam Bulog (di area sampah basah TPST Bantar Gebang), juga mengajar ke pos Cileungsi dan pangkalan 10 dekat Kota Wisata. Pos-pos ini diadakan di depan rumah para pemulung dalam kondisi serba prihatin, sampah dikanan kiri sedang dipilah pilih oleh orangtuanya, disanalah Bu Greta bersama teman-temannya yang sukarelawan mengajar anak-anak pemulung yang tidak datang ke PAUD maupun Rumah Singgah.  

Ibu Greta membawa kami keliling, menunjukkan ruangan yang ada di Rumah Singgah Betlehem. Hanya ada satu ruang utama untuk tempat berbagai kegiatan termasuk kursus musik, kursus membaca menulis berhitung, termasuk juga ruangan ini dipergunakan untuk ibadah. Di bagian belakang terdapat dapur yang digunakan untuk mempersiapkan hidangan sederhana yang akan dinikmati bersama setiap habis ibadah.  

Di PAUD Suluh terdapat 2 kelas yaitu TK A dan TK B. Di masing-masing kelas terdapat sekitar 25 anak. Sekolah ini merupakan sekolah formal dan menampung anak-anak yang tinggal di sekitar dimana sebagian besar profesi orangtuanya adalah pemulung, namun ada juga yang bekerja sebagai supir, buruh pabrik dan tukang tambal ban. Anak-anak tersebut tinggal bersama orangtuanya di rumah sederhana maupun bedeng di dalam lokasi Bantar Gebang. Sekolah ini menerima semua siswa dengan tidak membedakan suku maupun agama. Baik kristen maupun muslim sama-sama bersekolah disini. 

Hal yang sama di Rumah Singgah Betlehem, semua anak diterima untuk belajar bersama, tidak membedakan agama maupun sukunya. Setiap hari ada jadwal untuk kegiatan yang dibagi atas usia Pratama (kelas 1-6 SD), usia Remaja dan ibu-ibu. Jadwal kegiatan Rumah Singgah adalah sebagai berikut:

  • Senin: Mengunjungi pos-pos untuk belajar bersama
  • Selasa: Mengunjungi pos-pos yang lain untuk belajar bersama
  • Rabu: Kegiatan Pratama (usia SD kelas 1-6) kebaktian, kegiatan kesenian
  • Kamis: Kegiatan untuk Ibu-ibu dan Balita, biasanya Kebaktian dan untuk Balita diajak bermain dan belajar di kelas TK
  • Jumat: Diisi dengan kegiatan kesenian seperti les menari, piano dan gitar
  • Sabtu – Minggu: Tidak ada kegiatan

 

Jumlah anak yang terdaftar di usia Pratama (kelas 1-6 SD) ada 150 anak. Dengan sekitar 70 orang yang aktif hadir di kegiatan-kegiatan Rumah Singgah.

Jumlah anak yang terdaftar di usia Remaja ada 50 anak. Dengan sekitar 30 anak yang aktif.

Jumlah ibu-ibu yang terdaftar ada sekitar 30 orang. Dengan sekitar 20 orang yang aktif.

Jumlah total anak yang belajar di rumah singgah maupun di pos-pos belajar secara keseluruhan adalah 400 anak. 100 diantaranya beragama Kristen dan 300 beragama Islam.

Kami juga diajak oleh Bu Greta berkeliling ke sekitar Rumah Singgah. Di depan Rumah Singgah (seperti terlihat di foto) terdapat jejeran bedeng-bedeng dengan sampah-sampah di bagian depan kanan maupun kirinya, bahkan terdapat gunung sampah dibelakang bedeng-bedeng tersebut. Kami sempat berkenalan dengan beberapa anak yang tinggal di sebelah Rumah Singgah, dimana anak-anak ini juga sering bermain ke Rumah Singgah.  Karena kami survey pada hari Sabtu, maka tidak ada kegiatan di PAUD maupun Rumah Singgah.

Rumah Singgah Betlehem dan PAUD Suluh berada dibawah Yayasan Mahaneim, sebuah Yayasan Kristen namun tidak berada di bawah denominasi gereja tertentu.   

Alamat Rumah Singgah Betlehem & PAUD Suluh:

Kampung Ciketing Udik Timur, RT 03/05,

Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi. 

Telpon 021-95701851 / Pak Sonny 08176933004 

TPST Bantar Gebang, Bekasi

TPST Bantar Gebang, Bekasi

Acara LM & Friends Berbagi Kasih dengan anak-anak di Rumah Singgah Betlehem

Loving Moms berencana mengajak anak-anak di  Rumah Singgah Betlehem menikmati berbagai permainan edukatif di Kidzania. Kami berharap kunjungan tersebut akan memberikan anak-anak ini kegembiraan dan refreshing dari kegiatan rutin sehari-harinya. Sekaligus memberikan mereka gambaran mengenai dunia pekerjaan yang akan menambah wawasannya. Bukan sekedar bermain, tapi juga belajar.

Kami berharap dengan pengalamannya melalui kegiatan perkenalan dunia kerja dalam suasana bermain di Kidzania akan membuat anak-anak termotivasi untuk terus belajar dan menuntut ilmu di bangku sekolah dengan sungguh-sungguh agar mereka bisa mencapai cita-citanya, demi masa depan yang lebih baik. Anak-anak ini tentu berhak dan sebaiknya mempunyai cita-cita, dimana terus bersekolah merupakan jembatan meraih cita-cita tersebut.  Hal ini berangkat dari keprihatinan anak-anak di Bantar Gebang semakin hari semakin banyak yang tidak meneruskan sekolahnya dan mengikuti profesi orangtuanya sebagai pemulung, supir maupun buruh.  

Waktu dan tempat:

  • Sabtu, 8 Desember 2012 pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Kidzania, Pacific Place, 6th floor Pacific Place, SCBD, Jakarta

Berkenaan dengan rencana diatas, dengan rendah hati LM mengajak para donatur, Sahabat LM agar berkenan mendukung rencana LM diatas dengan berbagi kasih dan berkatnya untuk anak-anak di Rumah Singgah Betlehem. Adapun kebutuhan mereka dari hasil survey dan pembicaraan dengan pengurusnya adalah sbb:

 

PERINCIAN DANA KUNJUNGAN KE KIDZANIA  

No Rincian kebutuhan Jumlah Harga /org Total
1. Tiket Masuk Anak 100 anak Rp   80.000 Rp 8.000.000,-
2. Tiket Dewasa (Pendamping) 20 Rp   75.000 Rp 1.500.000,-
2. Bus (Tol, parking, tips) 2 Unit Rp.2.000.000 Rp 4.000.000,-
4. Kaos untuk anak 100 Rp  35.000 Rp 3.500.000,-
5. Kaos untuk pendamping 20 Rp  50.000 Rp 1.000.000,-
6. Snacks untuk Pulang Pergi di Bis 120 Rp  10.000 Rp 1.200.000,-
7. Lunch (Nasi, fried chicken/Fillet/Chicken Katsu, Aqua gelas) 120 Rp  15.000 Rp 1.800.000,-
       TOTAL  Rp.21.000.000,-

 

Selain dana untuk kegiatan di atas, LM berencana jika dana memungkinkan yakni memberikan:

  • Bingkisan untuk anak-anak berupa peralatan sekolah (tas, buku tulis, buku gambar,alat tulis)
  • Bingkisan untuk pengurus
  • Sembako (beras, mie instan, tepung terigu, minyak goreng, kecap, garam dapur, bumbu masak, sarden, kornet, susu, dll). Rumah Singgah selalu mendahului kegiatan ibadahnya dengan makan bersama. Dimana bahan makanan disediakan oleh pengurus lewat bantuan donatur.
  • Peralatan kebersihan: Sapu lantai/sapu halaman, alat pel, pembersih lantai, sikat cuci, ember, gayung, sikat lantai, pengki. Letak rumah singgah yang berada di area TPST membuat lalat sangat banyak beterbangan termasuk di PAUD.
  • Lemari berikut buku-buku bacaan untuk mendukung kegiatan Rumah Singgah (saat ini mereka tidak mempunyai lemari maupun buku-buku bacaan)
  • Ayunan untuk PAUD (saat ini ayunannya sudah rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi)
  • Lemari pendingin / kulkas untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar awet (Jika ada kelebihan dana atau jika ada donatur yang berkenan menyumbang)
  • TV untuk memutar VCD edukatif yang mereka terima dari sumbangan (saat ini TV nya sudah tidak dapat dipergunakan lagi)

 

PERINCIAN DANA GOODIES, SEMBAKO, DLL

 

No Rincian Kebutuhan Jumlah Harga / pc Total
1. Goodies untuk anak-anak (tas, buku tulis, alat tulis, dll) 100 Rp 100.000 Rp 10.000.000,-
2. Bingkisan untuk Pengurus 20 Rp 200.000 Rp 4.000.000,-
3. Lemari / Rak Buku 2 Rp 500.000 Rp 1.000.000,-
4. Alat-alat kebersihan     Rp 1.000.000,-
5. Sembako     Rp 2.000.000,-
6. Ayunan 2 Rp 800.000 Rp 1.600.000,-
       Total Rp. 19.600.000,-

 

Grand Total untuk dana yang  diperlukan:

  1. Kunjungan ke Kidzania                    Rp 21.000.000,-
  2. Kebutuhan Goodies, sembako, dll  Rp 19.600.000,-

                                                                      Rp 40.600.000,-

                           (Empat puluh juta enam ratus ribu rupiah)

   

SUMBANGAN NON CASH

LM menerima dengan sukacita jika ada para donatur yang hendak menyumbangkan barang-barangnya yang masih layak untuk dipakai, untuk disalurkan kepada Rumah Singgah ini. Berikut detail barang yang bisa disumbangkan: 

  • Buku-buku bacaan/pelajaran yang sudah tidak terpakai lagi tetapi masih layak digunakan
  • Majalah-majalah bekas
  • Baju-baju dewasa, remaja maupun anak-anak yang masih layak untuk dipakai
  • Kulkas & TV yang masih dapat dipergunakan

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan rencana-rencana diatas, LM membuka Rekening Kasih LM hingga Rabu, 7 Desember 2012 pukul 12.00 siang. Update dana masuk akan dilaporkan setiap hari melalui milis LM, web LM dan juga facebook.

 Rekening Kasih LM untuk Rumah Singgah Betlehem

Agar mengirimkan sms/email ke Mom Rika, Mom Tania, Mom Fenty dan Mom Nia untuk konfirmasi dan transparansi dana.  

Atas perhatian, kasih dan bantuan para donatur LM, kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Melimpahlah berkat dan sukacita, rahmat dan rizki bagi semua donatur kami yang telah berbagi kasih kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Perhatian dan bantuan kasih dari LM & Friends akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di Rumah Singgah Betlehem.  

 Rumah Singgah Betlehem dan PAUD Suluh di TPST Bantar Gebang

Kegiatan anak-anak Rumah Singgah & PAUD

List anak dari rumah singgah yang ikut ke Kidzania adalah sbb:

NO NAMA SIZE L/P AGAMA
1 Genesis M P Kristen
2 Mutiara M P Kristen
3 Gloria M P Kristen
4 Antika M P Kristen
5 Inrafani M P Kristen
6 Cristhoper S P Kristen
7 Rama S P Kristen
8 Gembira M P Kristen
9 Natalia M P Kristen
10 Katri M P Kristen
11 Ester M P Kristen
12 Marta M P Kristen
13 May M P Kristen
14 Ariyanty M P Kristen
15 Imel M P Kristen
16 Fransisco S L Kristen
17 Hana S P Kristen
18 Theo S L Kristen
19 Simon   L Kristen
20 Brayen M L Kristen
21 Putra S L Kristen
22 Dedi M L Kristen
23 Ranti M P Kristen
24 Fani S P Kristen
25 Andreas   L Kristen
26 elisabeth M P Kristen
27 David S L Kristen
28 Romulus M L Kristen
29 Naomi S P Kristen
30 Riolukas M L Kristen
31 Waster S L Kristen
32 Dinda M P Kristen
33 Gelay   p Kristen
34 Angel S P Kristen
35 Kelvin M L Kristen
36 Rivaldo M L Kristen
37 Leo Limbong M L Kristen
38 Juan Karlos M L Kristen
39 Debora M P Kristen
40 Angel M P Kristen
41 Lusi M P Kristen
42 Dede M L Kristen
43 Teja M L Kristen
44 Aswati S P Kristen
         
NO NAMA SIZE L/P AGAMA
45 Casmin M L Islam
46 Iksan M L Islam
47 Rian M L Islam
48 Kusmayati M P Islam
49 Dias M L Islam
50 Kiki M P Islam
51 Nurul Olif M P Islam
52 Yulianti M P Islam
53 Entri M P Islam
54 Inul M P Islam
55 Sugianti M P Islam
56 Safitri M P Islam
57 Olik M L Islam
58 Arif M L Islam
59 Windy S P Islam
60 Kesi S P Islam
61 Roin M L Islam
62 Orna M P Islam
63 Sahrul M L Islam
64 Vadila M P Islam
65 Anissa M P Islam
66 Carmini M P Islam
67 Ribka M P Islam
68 Sukarim M P Islam
69 Nurul Amalia M P Islam
70 Abi Gustama M P Islam
71 Elia M L Islam
72 Ayi S L Islam
73 Erika S L Islam
74 Rina M L Islam
75 Shary M L Islam
76 Damin M P Islam
77 Dede M L Islam
78 Sultan M L Islam
79 Ayu M P Islam
80 Ely S P Islam
81 Tari M P Islam
82 Aris M L Islam
83 Yusuf M L Islam
84 Suminah M P Islam
85 Atin M P Islam
86 Ican M L Islam
87 Kasih M P Islam
88 Jaka S L Islam
89 Rifta Nova M P Islam
90 Runtasih M L Islam
91 Lina M P Islam
92 Riski M P Islam
93 Pipih M P Islam
94 Oji M P Islam
95 Lia M P Islam
96 Topan M L Islam
97 Rama M P  
98 Kartin M P  
99   M P  
100   M P  
PENDAMPING  
1.       Sonny  
2.       Jhon  
3.       Tedy  
4.       Mikel  
5.       Ria  
6.       Solvia  
7.       Rietha  
8.       Suci  
9.       Marice  
10.   Soritah  
11.   Sugi  
12.   Diani  
13.   Ester Ayu  
14.   Kezia  
15.   Klando  
16.   Ferni  

Panitia Acara LM & Friends berbagi kasih dengan Rumah Singgah Betlehem

 

Ketua : Tiesmin Simatupang mom Marvel & Jeo 

Wakil :  Gerda Silalahi mom Christabelle 

Bendahara : 

  • Rika Silaen mom Nadine dan Nathan
  • Tania Simanjuntak mom Vida & Cello  
  • Fenty Ulag mom Nael, Reyn & Fiddy 

Sie Acara :      

  • Elis Tjoa mom Deven & Rui                       
  • Melia Livita mom Alexa & Kei            
  • Yannie Loppies mom Matthew & Jayson 
  • Nia Octaviani mom Kayla & Atha 

                       

Moderator

**********************************************************************

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s