LM Berbagi Cinta dengan anak yatim dan dhuafa dari Yayasan Remaja Masa Depan

KATA PENGANTAR

Dear Loving Moms (LM), Saudara & Sahabat LM,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Ramadhan telah datang lagi, bulan yang selalu kita rindukan. Kita sudah mulai disibukkan untuk persiapan menyambut hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri 1435 H. Semua sudah punya rencana bagaimana merayakannya ada yang siap-siap mudik, membelikan bingkisan lebaran untuk sanak saudara, semua bersuka cita menyambut kedatangannya. Di tengah kegembiraan menyambut bulan suci ini, LM teringat bahwa tidak semua orang seberuntung kita yang telah diberi nikmat sehat dan rejeki yang cukup oleh Allah. Oleh karena itu, kami ingin membagi kebahagiaan ini kepada anak-anak yatim yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Bertemu anak-anak yatim dengan mata yang bening, senyum yang polos dan tawa yang ceria walaupun mereka hidup seadanya membuat kami semakin bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan ini kami memilih anak-anak yatim yang terlantar dan dhuafa karena masih banyak anak-anak seperti mereka yang membutuhkan perhatian dan kepedulian kita mengingat mereka sudah tidak memiliki keluarga yang peduli dengan sandang, pangan, kesehatan dan pendidikannya. Apabila anak-anak tersebut kita abaikan mereka dapat menjadi anak jalanan yang rentan akan kekerasan, pelecehan seksual dan perdagangan anak.

Dengan segala kekurangan tersebut mereka butuh kita untuk peduli dan berbagi karena

  • Mereka haus akan perhatian dan kasih sayang, mengingat mereka sudah tidak memiliki orang tua atau keluarga yang peduli.
  • Mereka butuh pendidikan agar dapat tumbuh mandiri dan menjadi generasi yang cerdas.
  • Mereka butuh makanan yang bergizi agar mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang sehat sehingga dapat berkarya bagi nusa dan bangsa.

Dengan kondisi ini kami terpanggil untuk mengulurkan tangan agar anak-anak tersebut dapat merasakan kebahagian di hari nan fitri seperti yang kita rasakan.

LM kembali melakukan penggalangan dana yang akan dilakukan dari tanggal 3– 18 Juli 2014, insya Allah dengan seizin Allah SWT pada tanggal 19 Juli 2014 LM akan mengadakan kegiatan

LM Berbagi Cinta untuk Anak Yatim”.

Dengan ini ijinkan LM mengetuk hati sahabat, saudara dan kerabat LM untuk berlomba-lomba peduli dan mengulurkan tangan, memberi bantuan, dukungan dalam bentuk materiil maupun moril agar anak-anak ini dapat memiliki sandang dan pangan yang cukup di hari kemenangan nanti serta dapat terus melanjutkan pendidikannya.

Atas perhatian, kasih, bantuan dan dukungannya kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga. Kiranya Allah SWT akan melipatgandakan rejeki dan rahmat kepada saudara, kerabat dan sahabat LM. Aamiin.

LOVE IF YOU CARE and CARE IF YOU LOVE

Tunjukkan cintamu jika peduli & Tunjukkan kepedulianmu jika cinta

Atas Nama Panitia LM Berbagi Cinta untuk Anak Yatim

Ketua Panitia         :    Anggie Mokoginta bunda Fakhri& Farhan

Wakil Ketua            :   Nia Octaviani bunda Kayla & Atha

Bendahara               :

Dewi Ginting bunda Icha & Keya

Elis Tjoa mom Deven & Rui

Melia Livita mom Lexa & Kei

Ketua Acara           :

Tania Simanjuntak mom Vida & Cello

Tiesmin Simatupang mom Marvell & Jeo

Moderator LM     :

Gerda Silalahi mom Christabelle dan Eliezer

Nia Octaviani bunda Kayla dan Atha

Let’s Share Our Love With Everyone

http://www.lovingmoms.worpress.com/

Survey LM ke Yayasan Remaja Masa Depan

By Dewi Ginting

Pada hari Senin tanggal 30 Juni 2014 sepulang kerja saya mengunjungi Yayasan Remaja Masa Depan yang terletak di Tebet, Jakarta Selatan dan bertemu ibu Maryamah Ketua Pengurus di yayasan tersebut. IbuMaryamah terketuk untukmengurus anak-anak terlantar karena beliau sejak usia lima tahun telah menjadi anak yatim piatu dan tumbuh di panti asuhan. Sebelum bergabung dengan yayasan, ibu Maryamah adalah seorang guru taman kanak-kanak.

Yayasan Remaja Masa Depan memiliki dua lokasi asrama yang berdekatan, satu terletak di pinggir jalan sedangkan satunya berada di belakang dekat dengan sungai yang bila hujan lebat rentan akan terkena banjir. Asrama yang di depan dihuni oleh 10 anak perempuan usia SMP sampai SMA dengan ditemani 1 orang pengurus. Asrama ini berbentuk seperti ruko kecil memanjang dengan tiga lantai. Lantai di bawah hanya terdapat satu meja kursi untuk pengurus menerima tamu dan dua lemari buku serta tempat cuci piring. Di lantai dasar inilah anak-anak bermain, belajar dan makan hanya dengan lesehan di lantai. Di lantai 2 terdapat 2 kamar tidur yang dipenuhi oleh tempat tidur tingkat untuk 10 anak dengan kondisi dinding yang hanya di pelur semen tanpa dicat sama sekali. Pada lantai 3 terdapat kamar mandi beserta tempat jemur pakaian.

Proposal Buka Puasa LM- Anak Yatim_Page_04

Sedangkan asrama yang di belakang dihuni oleh anak usia balita sampai SD sebanyak 34 anak dengan ditemani 3 pengasuh. Asrama ini berbentuk rumah berukuran sedang dengan 3 kamar tidur yang diisi dengan beberapa tempat tidur tingkat. Namun jumlah tempat tidur tidak mencukupi sehingga sebagian darianak-anak terpaksa hanya tidur di matras tipis. Sama seperti asrama di depan, diruang tamu hanya terdapat satu meja dan kursi untuk pengurus menerima tamu dan beberapa lemari buku. Di belakang terdapat ruang kosong tempat anak bermain dan disebelahnya terdapat dapur beserta kamar mandi.

Proposal Buka Puasa LM- Anak Yatim_Page_05

Selama saya mengobrol dengan ibu Maryamah ada anak balita yang usianya sekitar 2 tahun terus merengek digendongannya. Si gadis kecil ini bernama Safira sedang tidak enak badan. Safira telah ditinggalkan ibunya sejak lahir yang pergi tanpa kabar sedangkan ayahya juga tidak diketahui rimbanya. Selain itu adaYoga, anak lelaki berusia 3 tahun yang ramah dan penuh senyum menemani obrolan saya malam itu dengan ibu Maryamah. Saat saya tanya siapa namanya dia menyebut dengan riang “Oga..” yang maksudnya Yoga. Yoga sudah tidak memiliki ayah dan dititipkan oleh ibunya sekitar 6 bulan yang lalu karena ibunya ingin mencari kerjaan dan berjanji akan datang menjenguk. Namun sampai saa tini ibu tersebut tidak pernah datang lagi. Ibu Maryamah menyampaikan bahwa ada beberapa anak yang sebenarnya masih memiliki keluarga namun tidak diketahui keberadaan orangtuanya karena tidak pernah mengunjungi anaknya lagi. Mendengar cerita ibu Maryamah  hati saya terasa perih teringat akan anak-anak saya di rumah dan perjuangan beberapa teman-teman saya demi mendapatkan anak harus rela mengantri dari satu dokter ke dokter lain dan harus sabar melakukan segala tes maupun terapi. Sedangkan disini ada orangtua yang tega meninggalkan anaknya begitu saja yangterlahir tanpa dosa dan tumbuh menjadianak-anak yang lucu nan manis dengan wajah polos.

Proposal Buka Puasa LM- Anak Yatim_Page_06

Saat saya mau pulang Yoga terus mengikuti saya dan bilang mau ikut. Dengan tangis yang tertahan saya berjanji untuk datang lagi bermain dengannya. Betapa anak-anak itu haus akan kasih sayang dan perhatian yang saat ini hanya diberikan oleh ibuMaryamah dan beberapa pengurus lainnya.

Keberlangsungan hidup yayasan sangat bergantung dari kemurahan hati para donatur yang jumlah dan datangnya tak tentu. Adapun biaya operasional yang dibutuhkan setiap bulannya cukup besar untuk membayar uang sekolah sebanyak 41 anak belum lagi makan minum sehari- hari dan kebutuhan sandang lainnya. Selain itu yayasan juga membutuhkan dana untuk merawat asrama agar tetap layak untuk dihuni oleh lebih banyak anak-anak.

Tenaga yang membantu diyayasan berjumlah 7 orang termasuk ibuMaryamah. Selain itu kepengurusan dibantu juga oleh anak-anak asuh yayasan yang telah lulus kuliah.Kakak-kakak yang telah lulus ini tidak hanyamembantu di administrasi yayasan namun juga ikut mengajar adik-adiknya seperti storytelling, bahasa inggris, komputer dan lain-lain. Ibaratnyamereka bukan anak-anak yang lupa kacang akan kulitnya.

Profil Yayasan Remaja Masa Depan

Yayasan Remaja Masa Depan telah berdiri cukup lama sejak tahun 1999 oleh bapak Firdaus yang dulu juga anak jalanan. Beliau merasakan betapa pahitnya kehidupan beliau dahulu sehingga terdorong untuk mendirikan yayasan ini agar dapat membantu anak-anak yatim yang terlantar maupun dhuafa sehingga dapat terus sekolah dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Yayasan didirikan ditengah krisis yang melanda Indonesia menyebabkan jumlah anak-anak tersebut meningkat sehingga semakin banyak anak yang turun kejalanan untuk mencari pendapatan demi kelangsungan hidupnya.

Yayasan Remaja Masa Depan merupakan yayasan yang murni dibentuk olehorang-orang yang peduli akan kesejahteraan anak bangsa Indonesia.Visi dan Misi yayasan sebagaiberikut:

VISI

Memberikan yang terbaik untuk anak-anak

MISI

  1. Memberdayakan anak-anak yang kurang beruntung secara sosial baik anak yatim-piatu, dhuafa, maupun anak jalanan agar menjadi anak yang pintar, terampil, dan mandiri,
  2. Meningkatkan kualitas dan kesejahteraan anak Indonesia dengan memberikan pendampingan terkait hak-hak mereka.

Saat ini Yayasan Remaja Masa Depan mengasuh serta menyekolahkan 41 anak yang tinggal di asrama dan memberikan bimbingan belajar gratis untuk anak-anak dhuafa yang tinggal di sekitar asrama. Anak-anak yang tinggal di yayasan adalah anak-anak terlantar yang ditinggalkan oleh orangtuanya baik karena meninggal dunia maupun dititipkan oleh orangtuanya karena sudah tidak mampu membiayai.

Kepedulian Yayasan Remaja Masa Depan telah berhasil melahirkan generasi penerus yang cerdas dan mandiri seperti Lela yang sekarang bekerja di salah satu accounting firm dan Darsono yang sekarang menjadi dosen di salah satu universitas swasta serta telah menyelesaikan program pascasarjananya. Mereka tidak hanya menjadi inspirasi bagi adik-adiknya di yayasan namun juga dapat membantu keluarganya keluar dari kemiskinan. Program-program seperti ini yang harus terus kita dukung agar generasi penerus bangsa Indonesia mendapat pendidikan yang baik sehingga tingkat kemiskinan dapat berkurang.

Alamat Yayasan Remaja Masa Depan

TebetDalam IV, Gg. Keamanan I No. 54, TebetBarat

Jakarta Selatan

Telp: 082223808080, 021 68193237, 021 70985933

Fax: 021 8293517

Email: yayasanrmd@gmail.com

Acara LM & Friends Berbagi Cinta dengan Anak Yatim dari Yayasan Remaja Masa Depan

Acara LM & Friends Berbagi Kasih untuk anak-anak dengan kecacatan di Yayasan Remaja Masa Depan direncanakan dalam bentuk Buka Puasa Bersama pada hari Sabtu, 19 Juli 2014 disalah satu asrama yang ada.

Selain berbuka puasa bersama, LM berencana memberikan bantuan berupa bingkisan untuk setiap anak yang ikut maupun yang tidak hadir. Untuk kebutuhan, anak-anak butuh seragam sekolah dan perlengkapannya serta peralatan mandi dan handuk. Jika berkenan memberi baju lebaran mereka akan sangat bahagia. Sembako juga sangat dibutuhkan, namun lebih diutamakan sembako yang dapat bertahan lama seperti susu, kecap, minyak, gula, biskuit dan lain-lain. Lebih lanjut tentang acara terlampir dalam susunan acara dan budget acara berikut.

SUSUNANACARA

Hari & tanggal   :   Sabtu, 19 Juli 2014

Pukul                   :   16.30 WIB-­‐ selesai

Acara:

16.30   :   Pembukaan, perkenalan dari LM dan sambutan dari Yayasan

17:00   :   Hiburan (sulap, balon, games ringan)

17.20   :   Tausyiah

17.35   :   Persiapan Berbuka (diselingi hiburan/ games/dll)

18:00   :   Buka Puasa, Sholat Magrib

18.30   :   Makan Malam

19.00   :   Penutupan, pembagian bingkisan, dll

(*Acara dapat berubah sewaktu-waktu, disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada hari H)

KEBUTUHANDANA

Untuk kegiatan di atas, dengan ini kami lampirkan kebutuhan dana dengan perkiraan sbb:

 No.  Keterangan  Jumlah  Harga@  Total Harga
 1. Konsumsi/Makan Malam (anak dan pengurus)  50 30.000 1.500.000
 2. Tajil 50 5.000 250.000
 3. Snack box (kue basah u/tajil)  50 10.000 500.000
 4. Bingkisan untuk Pengurus Yayasan  7 orang 200.000 1.400.000
 5. SeragamSekolah  41 anak 100.000 4.100.000
 6. Perlengkapan Sekolah  41 anak 100.000 4.100.000
 7. Sembako 5.000.000
 8. Pampers, Susu, biskuit, perlengkapan mandi 5.000.000
 9. Hadiah untuk Games  41 anak 1.000.000
 10. Santunan Anak  41 anak 50.000 2.050.000
 11. Biaya Operasional Panti (untuk Biaya uang sekolah) 5.000.000
Total dana yang dibutuhkan                                                                   Rp29.900.000,-

BENTUK SUMBANGAN

Untuk dapat memewujudkan rencana di atas, LovingMoms mengajak para saudara, teman, sahabat LM agar berkenan untuk mengulurkan tangan dengan menyisihkan sedikit dari rejeki yang dipunyai untuk berbagi kasih melalui sumbangan kasih LM dengan detail sebagai berikut:

SUMBANGAN BERUPA DANA (SUMBANGAN CASH)

LM membuka Rekening Kasih untuk kepentingan pengumpulan dana dari para donatur, sahabat, teman, dan saudara LovingMoms untuk terlaksananyaAcara Berbagi Cinta dan Berbuka Puasa bersama anak-anak Yayasan Remaja Masa Depan. Pengumpulan dana akan diselenggarakan sejak tanggal 3 Juli hingga 18 Juli 2014.

Bendahara LovingMoms untuk acara ini merupakan BendaharaAdHoc sebagaimana biasa kepanitiaan LM selalu adhoc. Kami menyalurkan seluruh sumbangan yang masuk dalam bentuk cash maupun barang langsung kepada penerima bantuan saat acara.

Rekening Mandiri Atas nama Dewi Sanita Laviani

Rekening BCA Atas nama D. Sanita Laviani

Rekening BCA Atas nama Elis

Rekening BCA Atas nama Melia Livita Lilingpadang

Keterangan:

Apabila sudah melakukan transfer, mohon konfirmasinya dengan mengirimkan sms ke pemilik rekening yang dituju.Hal ini untuk keperluan cross check dan transparansi. Update dana akan selalu dilaporkan setiaphari melalui milis LM di yahoo group dan melalui blog LM di alamat http://www.lovingmoms.wordpress.com

SUMBANGAN BERUPA BARANG (SUMBANGAN NON CASH)

Selain kebutuhan dana, kami dengan senang hati menerima sumbangan yang berbentuk barang atau non-cash. Sesuai dengan kebutuhan anak-anak ini, maka kami mengharapkan barang yang disumbangkan dapatberupa:

  • Bingkisan untuk 41 anak (peralatan mandi, handuk ,dll)
  • Perlangkapan sekolah untuk 41 anak (tas, buku, alat tulis,dll)
  • Seragam sekolah (kemeja lengan panjang putih, rok panjang putih, celana panjang warna putih, kerudung dan kaos kaki)
  • Baju lebaran untuk 41 anak
  • Sembako (sebaiknyabahan-bahan yang tahan lama dan tidak berupa beras)
  • Pampers, susu, biskuit
  • Pakaian layak pakai
  • Dan lain-­‐lain

PENUTUP

Demikian proposal ini kami siapkan. Jika ada pertanyaan maupun saran demi terselenggaranya acara ini, mohon agar menghubungi panitia. Mewakili anak-anak dari yayasan Remaja Masa Depan, terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan bapak, ibu, saudara, saudari para Sahabat LM yang bersedia membaca proposal ini, memberikan support dan doa. Kami tulus menaikkan doa kiranya rizki dan rahmat senantiasa dilimpahkan olehA llah SWT kepada semua hati yang telah terketuk untuk berbagi kasih tanpa memandang agama, suku dan golongan. Karena sesungguhnya kasih dan kemanusiaan berjaya melewati semua perbedaan itu. AminYRA.

Pada akhirnya,sekecil apapun yang akan dan telah kita berikankepada orang-orang yang membutuhkan, bagi mereka hal itu menjadi limpahan nikmat yang luar biasa mewahnya. Sedikit dari kita, besar artinya bagi mereka.

Panitia LM & Friends Berbagi Cinta untuk Anak Yatim

Ketua Panitia : Anggie Mokoginta bunda Fakhri& Farhan

Wakil Ketua : Nia Octaviani bunda Kayla & Atha

Bendahara :

Dewi Ginting bunda Icha & Keya

Elis Tjoa mom Deven & Rui

Melia Livita mom Lexa & Kei

Ketua Acara :

Tania Simanjuntak momVida & Cello

Tiesmin Simatupang mom Marvell & Jeo

Moderator LM :

Gerda Silalahi mom Christabelle dan Eliezer

Nia Octaviani bunda Kayla dan Atha

LovingMoms,

Let’s Share Our Love With Everyone http://www.lovingmoms.wordpress.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s