About Loving Moms

Salam kenal dari Loving Moms, rumah kedua bagi Ibu penuh cinta.

 

Loving Moms lahir pada tanggal 29 September 2005 dan saat ini dimiliki dan dicintai bersama oleh 100 membernya. Berawal dari keinginan para ibu muda untuk saling berdiskusi, bertukar informasi, berbagi resep, berbagi rasa alias curhat tentang bayi, balita dan diri sendiri sebagai orangtua baru yang terus belajar agar bisa memberikan yang terbaik bagi anak dan keluarga, terbentuklah komunitas virtual yang sekarang telah menjadi keluarga besar penuh cinta bernama Loving Moms (”LM”).

Dalam perjalanannya, Loving Moms telah menjadi rumah kedua bagi membernya yang saling membantu berbagi informasi dalam mengurus bayi dan balita, menjadi tempat curhat dan berbagi rasa dengan sesama perempuan dan moms, dan menjadi tempat mencari teman alias sahabat. Seiring waktu berjalan, persahabatan dan persaudaraan yang indah telah lahir dari milis ini, membuat membernya bersatu hati dalam SATU VISI: ‘Membagi cinta dan kasih dengan semua orang’. Sesuai dengan NAMANYA: Loving Moms yang berarti Ibu penuh cinta. Dan sesuai dengan TAGLINENYA: ‘Let’s Share Our Love With Everyone’. Loving Moms berkomitmen untuk terus BERBAGI KASIH & CINTA dengan orang-orang yang membutuhkan tanpa memandang perbedaan agama, suku maupun golongan. Karena cinta kasih memang berjaya menembus sekat-sekat perbedaan agama, suku maupun golongan.

Member LM sering mengadakan copy darat di berbagai tempat dan mengadakan arisan sekaligus share rutin tentang parenting dan kesehatan anak di rumah member secara bergantian. Selain itu Loving Moms selalu berusaha berbagi kasih dengan orang yang membutuhkan melalui acara-acara amal seperti:

 

LM Peduli Nurul Iman, Ultah pertama LM (17 September 2006)

LM mengundang anak-anak Panti Asuhan Nurul Iman, Pasar Rumput ke Texas Fried Chicken di Cikini untuk bersama-sama bergembira merayakan ultah pertama milis dengan aneka games, hadiah dan hiburan sulap. LM menyerahkan sumbangan yang dikumpulkan melalui fund raising di milis, yang berhasil mengumpulkan sumbangan berbentuk cash dan non-cash termasuk diantaranya baju koko dan baju gamis bagi seluruh anak Panti untuk merayakan Lebaran, berbagai barang dan sembako bagi operasional panti.

 

Kunjungan Kasih ke Panti Jompo Kristen Karya Kasih, Kwitang (17 Desember 2006)

LM mengajak para oma berbahagia menyambut Natal 2006, berjoget dan bernyanyi bersama dengan sukacita dengan hiburan band. LM juga menyerahkan sumbangan cash dan non cash yang diperoleh dari fund raising. Oma-oma di Panti sangat senang mendapat seragam baru dari LM untuk dipakai ke gereja. Sebuah Quilt buatan tangan Linda mom Jojo di Duri (salah seorang member LM) terpajang indah di dinding Panti Jompo Karya Kasih hingga hari ini.

 

Bantuan Kasih LM Peduli ODHA (awal Januari 2007)

Salah seorang member LM yang bernama Susi, 27 tahun mom Andien 2,5 tahun dan Dina 8 bulan (semua nama samaran) mengalami cobaan maha berat. Susi, suaminya 26 tahun dan kedua anak perempuan mereka yang masih balita divonis terinfeksi HIV. LM menggalang dana yang kami serahkan kepada Susi agar bisa melakukan pemeriksaan secara intensif pada dirinya sendiri, suami dan kedua putri kecilnya. Dana yang terkumpul berhasil mengantarkan Susi pada pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Disamping itu Susi juga mendapat bantuan non cash dari LM dan Sahabat LM.

 

LM Peduli Korban Banjir Kali Pasir (awal Februari 2007)

Pada saat Jakarta menghadapi bencana banjir besar, LM mengunjungi korban banjir yang tinggal di Bantaran Kali Pasir, Kwitang untuk menyerahkan sumbangan dari member LM (sembako, pakaian layak pakai, susu).

 

LM Peduli Rumah Autis YCKK, Ultah kedua LM  (29 September 2007)

LM mengunjungi Rumah Autis Dhuafa Yayasan Cahaya Keluarga Kita (YCKK). LM kembali menyerahkan bantuan cash dan non cash (sembako, THR Lebaran untuk pengurus, education toys untuk anak autis dan goody bags berisi berbagai macam barang). Anak-anak autis sangat bergembira mendapatkan hadiah mereka berupa berbagai educational toys, alat musik, buku, dll. Para pengurus dan orangtuanya sangat terharu menerima alat peraga dan berbagai barang yang selama ini mereka butuhkan untuk menunjang kegiatan terapi bagi anak-anak autis disana.   

 

Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Kristen Abigail, Pamulang  (15 Desember 2007)

Anak-anak Panti mendapat kebahagiaan natal bersama LM dengan suguhan sulap dan hiburan Band. Fund raising kali ini benar-benar luar biasa, membuat LM berhasil mewujudkan semua mimpi anak-anak dan pengurus Panti Abigail. Enampuluh anak yatim di Panti Abigail mendapat sepatu baru sebagai hadiah natalnya, 6 set meja makan dan kursi yang menjadi impian selama ini telah tersedia di ruang makannya, semua kamar mandi yang selama ini rusak telah diperbaiki. Sembako juga tersedia dengan cukup. Gorden baru, mainan dan berbagai buku mereka dapatkan dengan sukacita.

 

LM Peduli Rumah Kita –rumah kanker anak dhuafa, Ultah ketiga LM (20 September 2009)

LM mengundang anak-anak penderita kanker dan keluarganya yang tergolong tidak mampu yang singgah di Rumah Kita untuk merayakan ulang tahun ketiga LM di Corner Restoran yang berlokasi tidak jauh dari Rumah Kita. Anak-anak Rumah Kita berbaur dengan anak-anak balita LM menikmati acara hiburan sulap, magic balon, tiup lilin dan potong kue ultah LM. Keceriaan anak-anak berbaur dengan rasa haru menyaksikan penampilan anak-anak dari Rumah Kita yang polos. Penggalangan dana kali ini mendapat dukungan dari banyak Sahabat LM yang rupanya semakin mempercayakan dukungan dananya untuk disalurkan LM ke Rumah Kita.  

LM menyerahkan sumbangan berbagai barang sembako, keperluan rumah tangga, educational toys, bukubuku untuk Rumah Kita. LM juga menyerahkan bantuan uang sewa rumah, bantuan biaya operasi Zidan, bayi yang belum genap 2 bulan akan dioperasi mengangkat tumor di bawah telinga kirinya. LM juga menyerahkan bantuan dana untuk anak-anak Rumah Kita. 

 

Kunjungan Kasih ke Panti Jompo Katolik Melania, Rempoa  (14 Desember 2008)

LM mengajak para oma berbahagia menyambut Natal 2008, berjoget dan bernyanyi bersama dengan sukacita dengan hiburan band. LM juga menyerahkan sumbangan cash dan non cash yang diperoleh dari fund raising. Dalam kurun waktu 1 bulan (14 November – 14 Desember 2008), penggalangan dana yang dilakukan di milis maupun lewat penyebaran proposal ke Sahabat LM; berhasil terkumpul dana sebesar: Rp. 24,382,549,- (Dua Puluh Empat Juta, Tiga Ratus Delapan Puluh Dua, Lima Ratus Empat Puluh Sembilan Rupiah).  Oleh panitia dana ini telah dibelikan berbagai barang keperluan Panti Jompo Melania sesuai dengan hasil survey LM ke Panti yang telah dilakukan pada tanggal 9 November 2008. Selain itu, diperoleh pula berbagai jenis barang sumbangan non cash yang dititipkan oleh donatur-donatur yang baik hati. Antara lain Kulkas, Mesin Cuci, Pemanas Air, Kipas Angin, TV, Dispenser dan sembako.

 

LM berbagi kasih dengan Panti Asuhan Taman Fiorety, Pondok Gede  (15 Februari 2009)

LM merayakan hari kasih sayang dengan 40 anak Panti Asuhan Katolik Taman Fiorety di Kampung Sawah, Pondok Gede. Sore hari yang indah itu kami lewatkan dengan bercanda, menyanyi dan bercerita banyak hal dengan anak-anak Panti. LM juga menyerahkan sumbangan berupa pakaian, tas, TV, dan sumbangan uang sebesar Rp. 8,000,000,- (delapan juta rupiah) yang merupakan sumbangan dari LM dan Sahabat LM untuk bantuan uang sekolah anak-anak di Panti Asuhan Taman Fioreti. 

 

LM berbagi kasih dengan Berkat Anugrah Hutauruk, 4,5 tahun penderita AIDS di Medan (Mei 2009)

Ananda Berkat telah kehilangan kedua orangtuanya dan sempat hidup terpisah dengan ketiga kakaknya karena dirawat oleh sanak saudara yang berbeda. 

Rekening kasih LM  telah berhasil mengumpulkan dana dari member Loving Moms maupun Sahabat LM selama 2 minggu sejak 29 April – 12 Mei 2009 dengan Total Dana Akhir per 12 May 2009 pukul 12.00 WIB adalah sebesar: Rp. 14,185,066,-

LM Peduli Yayasan Avicenna –penyantun warga tak mampu di Jatinegara, Ultah keempat LM  (12 September 2009)

Di bulan puasa, September 2009 LM bekerjasama dengan Yayasan Avicenna mengadakan pembagian sembako bagi 100 warga tak mampu yang tinggal di Jatinegara. 100 orang warga  yang sebagian besar merupakan janda berumur 50-70 tahun dipilih berdasarkan data warga menerima RASKIN (beras miskin) dari pengurus RT dan RW. 

LM juga menyerahkan sumbangan pendidikan sebesar Rp. 500,000,- untuk 15 anak rawan putus sekolah di lingkungan yang sama. Selain itu LM menyerahkan sumbangan berupa tas, peralatan sekolah dan baju lebaran bagi anak-anak tersebut. 

Acara pembagian sembako berlangsung sangat tertib dan lancar berkat kesigapan pengurus RT, masjid dan Yayasan Avicenna yang telah sering mengadakan acara serupa. Acara diisi dengan tausiah, pembagian sembako dan pembacaan doa bersama. LM juga menyerahkan bantuan untuk perawatan mushola tempat berlangsungnya acara. 

Lagi-lagi penggalangan dana kali ini mendapat dukungan dari banyak Sahabat LM yang rupanya semakin mempercayakan dukungan dananya untuk disalurkan LM ke Yayasan Avicenna. 

 

LM berbagi kasih dengan Rumi, balita 2 tahun penderita Craniosynostosis dan Microcephalus  Di Bandung (4 Juli 2010)

LM tergerak membantu menggalang dana untuk pengobatan Rumi, balita 2 tahun yang didiagnosis menderita craniosysnostosis (penutupan ubun-ubun terlalu dini sehingga otaknya tidak memiliki space untuk berkembang). Rumi telah menjalani operasi pembukaan ubun-ubunnya pada usia beberapa bulan setelah lahir. Kemudian oleh seorang dokter ahli Cranio, Rumi dinyatakan menderita Microcephalus (volume otak terlalu kecil sehingga tidak bisa berkembang normal tanpa bantuan terapi dan bahkan intervensi melalui operasi merupakan salah satu opsi).

Rumi membutuhkan banyak biaya untuk rangkaian terapi tersebut. Puji Tuhan, Alhamdulillah, total akhir Dana Kasih LM & Sahabat untuk Rumi mencapai angka tertinggi yang kiranya bisa digunakan untuk terapi intensif Rumi dalam jangka panjang.

 

LM berbagi kasih dengan Iyus dan Irfan, kakak beradik penderita lumpuh layu di Tangerang (18 Desember 2010)

Tergerak oleh sebuah informasi yang sangat menyentuh dari Sahabat Loving Moms tentang keluarga tidak mampu dimana dua dari empat anak laki-lakinya menderita lumpuh layu, dan keduanya sudah tidak bisa berjalan maupun mengangkat tangannya, Loving Moms kembali menggagas Aksi Kasih Peduli Sesama yang kami namai “Loving Moms & Sahabat Berbagi Kasih untuk Iyus dan Irfan, kakak beradik penderita lumpuh layu”. Kakak beradik ini mengalami kelumpuhan secara bertahap hingga akhirnya lumpuh total.

Iyus (laki-laki umur 21 tahun) dan Irfan (laki-laki umur 14 tahun), kedua kakak beradik ini merupakan anak kedua dan ketiga dari satu keluarga tidak mampu dan hidup sangat sederhana di daerah Kosambi, Dadap, Tangerang.  Berbagai barang dan uang sumbangan LM & Friends kami serahkan kepada Iyus dan Irfan pada aksi Natal 2010. Uang tersebut digunakan oleh ibu Iyus dan Irfan untuk modal usaha dan memperbaiki rumahnya sehingga layak huni. Iyus  akhirnya meninggal pada tanggal 28 April 2011. Ibunya, IBu Erpi bercerita bahwa Iyus dan Irfan akhirnya kesampaian mewujudkan impiannya melihat Gedung Sate. Ibu Erpi menyewa mobil dengan menggunakan sebagian dari uang yang disumbang LM.

LM berbagi kasih dengan Tienda Nababan, anak perempuan 8 tahun penderita kanker mulut di Medan (9 Juni 2011) 

LM tergerak membantu menggalang dana untuk pengobatan Tienda Nababan, anak perempuan  umur 8 tahun yang menderita kanker mulut dan menjalani perawatan di RSU Adam Malik di Medan. Kondisi Tienda sangat memprihatinkan dan perlu untuk mendapat perawatan yang lebih intensif. Tienda belum dapat dioperasi karena ketiadaan biaya dan kondisi fisiknya sangat lemah. Dokter menyatakan Tienda suspect Maxillo Facial Tumour (Kanker Mulut), stadium 4. 

Tienda anak ke-4 dari 5 bersaudara asal Kampung Bandar Manis, Kabupaten
Simalungun, Sumatera Utara. Ibunya telah meninggal dan bapaknya seorang petani miskin yang hidup terpisah dari anak-anaknya. Tienda dirawat oleh neneknya.

Belum sempat dana Kasih LM & Friends diserahkan kepada keluarga, Tienda telah menghembuskan nafas terakhirnya akibat sesak nafas. Dana yang telah masuk langsung diberikan kepada donatur pendamping keluarga, untuk dipergunakan bagi pemakaman Tienda dan bantuan biaya sekolah adik-adiknya.

 

LM Berbuka Puasa bersama Anak-Anak Rumah Kita & Panti Asuhan Nurul Iman,  Ultah keenam LM (20 Agustus 2011)

Pada bulan puasa Agustus 2011 yang lalu, untuk merayakan ulang-tahun LM keenam, sekaligus mengisi bulan puasa menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 H, Alhamdulillah, Puji Tuhan  LM berkesempatan berbagi kasih dengan mengadakan acara LM Berbuka Puasa bersama anak-anak penderita kanker dari kalangan kurang mampu yang singgah di Rumah Kita jalan Percetakan Negara dan anak-anak yatim piatu dan jalanan yang menghuni Panti Asuhan Nurul Iman di daerah Manggarai.

Kedua tempat ini telah dikunjungi LM beberapa tahun sebelumnya dan LM sangat berbahagia bisa kembali bertemu dan menghabiskan waktu dengan anak-anak ini.

Dari hasil fund raising kepada donatur dan Sahabat LM, kami bisa memberikan bingkisan untuk anak-anak dan pengurus, dan juga sembako untuk operasional panti.  Menyaksikan senyum polos dan canda ria anak-anak hebat dan pejuang yang menderita kanker di Rumah Kita dan keceriaan anak-anak yatim di Panti Asuhan Nurul Iman melaksanakan ibadah berbuka puasa, sungguh merupakan pengalaman indah dan tak terlupakan bagi Loving Moms.

Loving Moms & Friends Berbagi Kasih Natal dengan anak-anak jalanan di Griya Asih (18 Desember 2011)

Di akhir tahun 2011 LM mengadakan acara berbagi kasih natal dengan anak-anak jalanan di Griya Asih.  Anak-anak ini menempati sebuah rumah tua yang cukup luas yang tadinya merupakan seminari Katolik. Saat ini Griya Asih menampung 44 anak-anak dari berbagai suku seperti Nias, Jawa, Flores, Batak, Ambon dll. Mereka menganut agama berbeda, Kristen, Katolik dan Islam.

Dana Kasih LM & Friends ditutup pada angka angka Rp. 48,562,867,- merupakan angka yang luar biasa dan membuat kami semua sangat terharu. Angka itu masih diluar berbagai bentuk sumbangan barang non cash. Dengan Dana Kasih yang terkumpul, LM bisa memberikan berbagai barang-barang keperluan sekolah, lemari untuk menyimpan pakaian dan buku, perlengkapan hidup sehari-hari kepada seluruh anak-anak di Griya Asih, sembako dan peralatan kebersihan panti hingga bingkisan dan amplop natal kepada para pengurus dan pengasuhnya. Bahkan bisa memberikan dana bantuan pendidikan anak-anak Griya Asih sebesar Rp. 18,650,000,-  Puji Tuhan !!!

 

Moderator LM

Gerda mom Christabelle       (gerdafs@yahoo.com)

Nia bunda Kayla           (nia_oktaviani@yahoo.com)

 

Untuk bergabung, silahkan kirimkan email berisi data diri mom dan kids (nama dan umur), motivasi bergabung dan tahu dari mana. Ke alamat:

lovingmom-subscribe@yahoogroups.com

 

Loving Moms,

Let’s Share Our Love With Everyone

Leave a comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s