Laporan Loving Moms Berbagi Kasih dengan Avicenna Foundations

Sabtu, 12 September 2009, rombongan Loving Moms (LM) yang terdiri dari:

  • Gerda Silalahi mom Belle
  • Anggie Mokoginta mom Fakhri
  • Rika Silaen mom Nadine
  • Nia Octaviani mom Kayla
  • Satyorini mom Maia
  • Puti mom Mayla & Abim
  • Elis Tjoa mom Deven & Rui
  • Dera Natalia mom Keisha & Deo

Pukul 10.00 WIB tiba di Musholla RT 14 tempat akan berlangsungnya acara Loving Moms Berbagi Kasih dengan Avicenna Foundations. Musholla RT 14 RW 03 Blok O, Kelurahan Jatinegara telah ‘disulap’ menjadi tempat acara dengan sangat rapi dan teratur oleh mas Imam Musjab, Ketua Yayasan Avicenna bersama 10 orang panitia dari pengurus Musholla dan RT setempat.

Kami telah ditunggu oleh 100 orang ibu yang hampir sebagian besar sudah menjadi nenek umur 40-70 tahun, mereka adalah member Avicenna. Telah hadir pula 15 anak  yatim atau yang berasal dari keluarga kurang mampu hinga rawan putus sekolah, ke-15 anak ini berhak mendapat dana bantuan pendidikan.

Kami tidak menyangka panitia Avicenna telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, mulai dari absensi, tenda, sound system, kursi, hingga name tag sebagai penanda identitas member. Kami disambut oleh 5 Ketua RT dan Ketua RW 03 setempat. Sungguh tidak disangka betapa mereka sangat antusias dengan kegiatan ini; hal ini membuat kami sangat terharu dan semakin bersemangat untuk menanti acara berbagi kasih.

Mas Imam Musjab sebagai Ketua Yayasan Avicenna membuka acara dengan menyampaikan susunan acara yang terdiri dari :

  • Pembukaan dan Sambutan Avicenna (Imam Musjab)
  • Sambutan Ketua RW. 03
  • Perkenalan dari LM (Nia, co-moderator LM)
  • Tausiah dan Do’a (Ustzad Nurzaman)
  • Sepatah kata penyerahan sumbangan dari LM (Anggie, Ketua Panitia LM)
  • Penyerahan sumbangan pendidikan oleh Bendahara (Rika dan Nia)
  • Pembagian sembako     
  • Foto bersama

 Setelah mas Imam dan Ketua RW memberikan sambutan, Nia dan Gerda sebagai duet moderator Loving Moms memperkenalkan Loving Moms kepada para member Avicenna. Diperkenalkan bahwa Loving Moms merupakan suatu komunitas ibu-ibu muda yang bertemu di dunia maya melalui mailing list Loving Moms di yahoogroups. Dari yang awalnya hanya berdiskusi mengenai anak, tumbuh kembang, sakit penyakit, pendidikan anak dan berbagai issue seputar peran seorang ibu, anggota member LM yang jumlahnya sekitar 100 orang didalam maupun luar Indonesia telah bersepakat untuk mengadakan acara-acara amal peduli sesama lintas agama, suku dan golongan.

Acara dilanjutkan dengan tausyiah dari Bapak Ustzad Nurzaman mengenai makna Ramadhan dan berbagi dengan mereka yang kurang mampu, bahwa berbagi bukan hanya kepada saudara yang seiman, namun juga berbagi kepada tetangga dan saudara sebangsa yang berkekurangan. Bapak Ustzad bersama semua hadirin mendoakan agar acara berjalan lancar dan agar Loving Moms dapat terus melakukan kegiatan-kegiatan serupa dengan masyarakat kurang mampu lainnya di masa mendatang. 

Sebelum menyerahkan bingkisan, Gerda menyampaikan bahwa Loving Moms telah mentransfer dana pendidikan sebesar Rp. 7,500,000,- untuk 15 anak ke rekening Yayasan Avicenna yaitu:

Alfianto Gustri, M. Iqbal, Erna Janati, Dicky Setiawan, Eky R, Lufti Alfiansyah, Triwisnu Setiawan, Novia, Aulia, Yanto, Rizal (1), Rizal (2).

Tiap anak mendapat tabungan pendidikan sebesar Rp. 500,000,-  untuk keperluan sekolah mereka.

Anggie, sebagai ketua Panitia menyampaikan bahwa panitia menggalang dana bukan hanya dari member LM, tapi juga dari Sahabat LM yang berkenan menitipkan bantuannya melalui Loving Moms. Anggie berharap sumbangan yang terkumpul bisa bermanfaat bagi penerimanya.

Selanjutnya acara inti dimulai yaitu penyerahan bingkisan kepada 15 anak yang telah dipilih berdasarkan pemantauan RT setempat.

 Tiap anak mendapat : 

  • Dana pendidikan Rp. 500,000,- (ditransfer ke rekening Avicenna),
  • Baju lebaran,
  • Tas sekolah (sumbangan dari LM Jakarta),
  • Buku dan peralatan tulis (sumbangan dari LM Surabaya),
  • Amplop lebaran sebesar Rp. 100,000,-
  • Kue kering (sumbangan Satyo mom Maia)

Acara dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada 100 orang member yang merupakan warga yang tercatat dalam program RASKIN (beras miskin), data 100 orang ini disediakan dan diupdate beberapa hari menjelang pembagian sembako dengan bantuan  ketua RT setempat.

Sembako terdiri dari :

  • Beras 3 liter
  • Minyak goreng 1 kg             
  • “Indomie” 5 pcs
  • Gula pasir 1 kg                  
  • Teh celup “Sariwangi”   
  • Sirup “Indofood”                  

Sembako dibagikan berdasarkan daftar member Avicenna. Yang terdiri dari :

RT 09 = 36 orang, RT 10 = 24 orang, RT 06 = 18 orang, RT 07 = 15 orang, RT 14 = tidak ada (tempat acara berlangsung tidak ada karena relatif lebih baik ekonominya), lain-lain = 7 orang.

Meski harus antri menunggu tapi para member Avicenna dengan sabar dan tertib menunggu nomor absen dan namanya dipanggil. Hampir semua ibu yang maju kedepan berulang kali mengucapkan terima-kasih dan menyampaikan doa agar loving Moms bisa terus maju dan sukses membuat program serupa di masa mendatang. Amin. 

  • Nia dan Anggie dibantu Dera bergantian membacakan nama sesuai dengan daftar.
  • Rika, Satyo dan Elis bertugas membagikan amlop berisi uang sebesar Rp. 50,000,- 
  • Gerda dan Puti membantu memberikan paket sembako, anak-anak LM pun tidak ketinggalan membantu memberikan tas. 

Secara keseluruhan, acara berlangsung padat dan singkat selama 1,5 jam. Sebelum berpamitan, kami bersilaturahmi dengan Ketua RT/RW setempat di dalam musholla untuk menyampaikan terima-kasih atas kesempatan dan bantuan mereka dalam menyelenggarakan acara ini, hingga berjalan aman, sukses dan tertib.

Ketua RW 03, memberikan penghargaan dan terima-kasih yang sebesar-besarnya kepada LM atas terselenggaranya acara berbagi kasih hari ini. Ketua RW menyampaikan salam hormat dan terima-kasih kepada semua donatur dibelakang LM. Seraya berdoa dan berharap agar Loving Moms dikuatkan berbuat kebaikan dan berbagi kasih di masa mendatang. Ketua RW menyampaikan bahwa tertacat 200 warga kurang mampu di lingkungannya, sesuai dengan data program Raskin. 

Satyo menyerahkan bingkisan berupa kue sebagai bentuk terima-kasih kepada Ketua RW dan 5 Ketua RT yang telah membantu.

Kepada pengurus musholla, Gerda menyampaikan amplop dari LM sebesar Rp. 1,000,000,- untuk dipergunakan sebagai kas musholla. Hal ini sesuai dengan kesepakatan 10 orang panitia dari Avicenna, pengurus masjid dan RT, ketika kami menyampaikan ingin memberikan amplop terima-kasih. Mereka menyatakan akan diberikan menjadi kas Musholla. 

Juga disampaikan dana sebesar Rp. 300,000,- kepada pengurus RT untuk sewa kursi, sound system dan tenda. 

Dan terakhir dana yang masih sisa sebesar Rp. 1,653,000,- diserahkan kepada mas Imam Musjab sebagai kas Avicenna untuk melakukan kegiatan amal di waktu mendatang.

 

LAPORAN DANA AKHIR

Total dana yang masuk ke rekening LM Berbagi Kasih dengan Avicenna per tanggal 12 September 2009 adalah sebesar Rp. 23,428,000,-

Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah (detail laporan dana terlampir).

Summary Pemakaian Dana :

Sembako                                        Rp. 5,500,000,-

(transfer ke Avicenna untuk dibelikan sembako 110 paket) 

Amplop Cash Lebaran u/ 100 member @ Rp. 50,000    Rp. 5,000,000,-

Bantuan Pendidikan                 Rp. 7,500,000,-

(transfer ke Avicenna 15 anak @ Rp. 500,000)

Amplop Cash Lebaran untuk 15 anak @ Rp. 100,000      Rp. 1,500,000,-

Baju lebaran 15 anak                Rp.   975,000,-

Sewa kursi, tenda, sound system RT            Rp.    300,000,-

Cash untuk Musholla RT 14 RW 03 Jatinegara     Rp. 1,000,000,- 

Cash Avicenna                                    Rp. 1,653,000,-

Total Pemakaian Dana                     Rp. 23,428,000,-

 

Quote dari Gerda (moderator LM)

 

Dari proposal Avicenna hanya mencantumkan dana Rp. 6,000,000. Tuhan lipatgandakan menjadi Rp. 23,428,000 dan masih terus bertambah.

Dari hanya Rp. 10,000 cash utk mereka yg banyak utang di warung,  Tuhan genapkan menjadi Rp. 50,000 per orang.

Dari dana pendidikan hanya Rp. 100,000 untuk 10 anak.  Tuhan berikan menjadi Rp. 500,000  untuk 15 anak,  ditambah Rp. 100,000 untuk berlebaran.

 Ini jumlah terbesar pernah mereka terima.

 Dari yang tidak ada buat anak-anak. Sekarang mereka mendapat tas, peralatan tulis, buku, bahkan baju lebaran.

 Apakah itu karena kerja panitia semata? Tentu bukan…

Karena member LM, kita mommies yang saling mendukung dan berbagi disini masih mencintai dan satu visi dalam LM, yaitu berbagi kasih dengan semua orang tanpa membedakan suku, agama dan golongan.

Dan terutama karena belas kasihan Tuhan YME kepada 100 fakir miskin di Avicenna dan 15 anak-anak yg hampir putus sekolah itu.

Terima-kasih yah Tuhan, telah berkenan memakai LM sebagai saluran berkat dan perpanjangan tanganMu.

Terima-kasih mommies dan sista di Loving Moms,

Terima-kasih Sahabat Loving Moms, yang senantiasa mempercayakan dananya melalui Loving Moms,

Terima-kasih Panitia : Anggie, Nia, Rika, Satyo juga Puti, Elis, Dera, Yannie. Mommies di Surabaya, mommies LM maupun Sahabat LM yang membantu menyebarkan Proposal LM berbagi kasih ke teman, saudara maupun relasi bisnisnya.

Biarlah berkat Tuhan melimpah bagi mereka yang rela hati berbagi dan iklas berkorban demi kemanusiaan tanpa memandang perbedaan yang ada.

 

Sabtu, 12 September 2009 merupakan salah satu hari di bulan Ramadhan yang tidak akan pernah kami lupakan. Betapa kami beruntung menjadi perpanjangan tangan dan masih diberi berkah dan hidayah yang luar biasa ini; untuk berbagi kasih dan menyayangi saudara-saudara kami melalui Avicenna Foundation.

 

 

Alhamdulillah … Puji Tuhan

Terima-kasih untuk kasih, cinta dan keikhlasannya berbagi rejeki kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Terima kasih untuk member LM, sahabat LM, keluarga LM yg telah berpartisipasi.

Semoga Allah memberi balasan yang berlipat dan berkah atas rejeki yang ada.  Amin.

 

Mari terus berbagi

Mari terus sebarkan kasih

Lewati perbedaan agama, suku dan golongan

Karena kasih berjaya mengalahkan perbedaan

Karena kasih milik semua mahluk ciptaan Tuhan

Karena kita semua sama di hadapan Tuhan

 

Let’s share our love with everyone

 

Panitia

Loving Moms Berbagi Kasih dengan masyarakat kurang mampu di Yayasan Avicenna

 

Ketua Panitia :

  • Anggie Mokoginta bunda Fakhri

 

Bendahara :

  • Nia Octaviani bunda Kayla
  • Rika mama Nadine & Nathan

 

Sie Acara :

  • Satyo ibu Maia
  • Puti bunda Mayla & Abim
  • Elis mom Deven & Rui
  • Dera mom Keishia & Deo

 

Moderator Loving Moms

  • Gerda Silalahi mom Christabelle
  • Nia Octaviani bunda Kayla

One thought on “Laporan Loving Moms Berbagi Kasih dengan Avicenna Foundations

  1. Pingback: Berbagi Kasih Loving Moms – Avicenna Foundation « AVICENNA Foundation

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s